Facebook Siapkan Rp268 Miliar untuk Rumah Murah

Big Banner

SILICON VALLEY – Harga rumah di salah satu kawasan tempat berkumpulnya perusahaan teknologi raksasa dunia Silicon Valley, terus naik dengan cepat. Alhasil, kawasan ini tidak lagi ramah pada kantong masyarakat yang berpenghasilan menengah.

Dilansir dari laman Curbed, Sabtu (17/12/2016), salah satu raksasa teknologi Facebook kini tengah berupaya membantu untuk menekan harga rumah. Adapun bentuk upayanya mereka bersepakat dengan kota Menlo Park, California untuk memperluas kantor pusat Facebook.

Media sosial raksasa menempatkan dana sebesar USD18,5 juta atau setara Rp248 miliar (mengacu kurs Rp13.425 per USD) ke dalam Catalyst Housing Fund, sebuah koalisi baru dari kelompok masyarakat lokal dan pemerintah yang didedikasikan guna menciptakan perumahan yang terjangkau di daerah.

Dana lainnya yang sebesar USD250 ribu atau Rp3,356 miliar akan menjadi dana non-profit Rebuilding Together Peninsula, yang tugasnya memberikan bantuan berupa renovasi dan perbaikan rumah bagi para masyarakat berpenghasilan rendah.

Selain kontribusi terkait perumahan, Facebook juga memberikan kontribusi USD625 ribu atau Rp8,391 miliar untuk pelatihan kerja dan program penempatan dan USD500 ribu atau Rp6,713 miliar untuk mendanai dukungan hukum bagi penyewa yang sedang berjuang pindah, kondisi hidup yang berbahaya, atau perlakuan tidak adil dari pemilik tanah.

Sementara itu dana sebesar USD20 juta atau Rp268 miliar akan dianggarkan untuk kurun waktu lima tahun ke depan dan merupakan kontribusi terbesar perusahaan guna memerangi krisis keterjangkauan pada daerah tersebut. Upaya ini akan terkonsentrasi di East Palo Alto dan kawasan Belle Haven di Menlo Park.

“Kami belum melihat seorang taipan teknologi dan masyarakat berpenghasilan rendah datang bersama-sama dengan cara ini sebelumnya. Dan kami berharap dapat menjadi contoh bagi masyarakat lainnya seperti kita yang menghadapi masalah yang sama,” ujar salah seorang pembicara dari East Palo Alto sekaligus Direktur Eksekutif Youth United Community Action, Tameeka Bennett.

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me