Kalau Jalan Tol Ini Rampung, ke Danau Toba Ga Pake Lama

Big Banner
Jalan lingkar Pulau Samosir yang akan dilebarkan oleh Kementerian PUPR. Foto: Rumah123/Kementerian PUPR

Jalan lingkar Pulau Samosir sepanjang 145 kilometer di Sumatera Utara akan segera digarap. Hal ini sebagai bentuk dukungan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional Danau Toba (KSPN).

Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) II Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR, Paul Ames Halomoan, mengatakan,

“Sudah selesai dilakukan pembukaan penawaran. Diharapkan pertengahan Desember bisa ditandatangani untuk pekerjaan lingkar Samosir. Untuk sisanya sekitar 42 kilometer, tahun depan akan dilakukan penanganan,” ujarnya, Rabu (30/11).

Baca juga: 2019, Delapan Jalan Tol Sumatera Ditargetkan Beroperasi Penuh

Apabila jalan tol ini rampung, wisatawan yang berkunjung ke Danau Toba melalui Parapat cukup ditempuh 2 jam dari Medan atau Bandara Kualanamu.

“Sekarang bisa 4 jam, itu pun kalau lalu lintasnya lancar. Kalau macet bisa 6 jam sampai di Parapat,” ucapnya.

Pengerjaan jalan lingkar tersebut akan dilakukan dengan kontrak tahun jamak (multiyear) selama 3 tahun, sejak tahun anggaran 2016. Proyek ini terdiri dari 2 paket. Paket I penanganan jalan sepanjang 69 kilometer dengan anggaran Rp371 miliar. Paket II, senilai Rp174 miliar untuk penanganan jalan sepanjang 34 kilometer.

Baca juga: Tahun Depan, 3 Ruas Tol Trans Sumatera Ini Bisa Dilewati!

Jalanannya yang semula 3 meter akan jadi 14 meter. Kalau sudah dilebarkan, pengendara motor akan melintasi jalan selebar 7 meter. Sisanya untuk pengendara sepeda dan pejalan kaki.

“Tapi khusus di kawasan pariwisata seperti di Tomok atau tempat lainnya akan lebih lebar lagi. Supaya ada taman bermainnya. Di bagian tempat yang panoramanya indah akan dibuat rest area,” katanya.

BPJN II juga membangun Jembatan Tano Ponggol. Jembatan ini penghubung menuju Pulau Samosir.

“Jadi kalau dilihat di peta, Pulau Samosir terpisah oleh kanal. Itulah Tano Ponggol, panjangnya sekitar 100 meter. Desainnya sedang kami siapkan, direncanakan lelangnya Februari 2017,” ucapnya.

Jalan Tano Ponggol yang juga digarap untuk dilebarkan. Foto: Rumah123/Kementerian PUPR

Baca juga: 2019, Delapan Jalan Tol Sumatera Ditargetkan Beroperasi Penuh

Selain itu, akan dilakukan penanganan jalan lingkar luar Danau Toba sepanjang 366 kilometer, Lingkar Parapat-Panji-Kaban Jahe dan seterusnya sampai kembali lagi ke Parapat. Dikemukakan pula sebagian jalan yang memiliki lebar 4,5 meter akan melebar jadi 7 meter.

“Sekarang sedang dalam tahap desain dan akan dilanjutkan dengan tahap pembebasan lahan. Diharapkan pada 2019 jalan Tol Medan-Tebing Tinggi-Parapat bisa selesai,” ujarnya. (Wit)

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me