Hebat! Grafton Architects Jago Bikin Kampus Keren Lho

Big Banner

Kampus Universidad de Ingenieria y Tecnologia (UTEC) di Peru, Lima akhirnya terpilih menjadi bangunan baru terbaik di dunia pada 2016 versi Royal Institute of British Architects (RIBA).

Ini adalah penghargaan yang baru diselenggarakan untuk pertama kalinya. Penghargaan ini terbuka untuk semua banguna dari semua tipe, ukuran, dan biaya serta dikerjakan oleh arsitek berkualifikasi di negara mana pun dalam tiga tahun terakhir.

Desain kampus UTEC berhasil mengalahkan lima finalis lainnya yaitu Arquipelago Contemporary Arts Centre (Portugal), Heydar Aliyev Center (Azerbaijan), Museo Jumex (Meksiko), Stormen Concert Hall and Library (Norwegia), dan The Ring of Remembrance (Prancis).

Dewan juri diketuai oleh arsitek Richard Rogers. Para anggota di antaranya adalah Billie Tsien, Kunle Adeyemi, Philip Gumuchdjian dan Marilyn Jordan Taylor.

Dewan juri mengilustrasikan kalau kampus UTEC adalah bentuk tidak biasa dari bangunan publik. Penghargaan ini memang memberikan apresiasi kepada bangunan baru yang bisa membuat perbedaan bagi masyarakat yang menggunakan dan juga komunitas sekitar.

Kampus UTEC ini merupakan kolaborasi dari dua biro arsitek yaitu Grafton Architects (Republik Irlandia) dan Shell Arquitectos (Peru).

UTEC sendiri adalah perguruan tinggi dengan spesialisasi teknik. Lokasi kampus ini berada di tepi lembah di Distrik Barranco.

Bangunan kampus UTEC ini terbuat dari beton ekspos. Gedung ini memang unik dengan lanskap teras dan juga adanya bukaan, sambungan, dan lorong saat melihat bangunan ini secara vertikal.

Di dalam bangunan, ada podium yang menciptakan ruang sirkulasi terbuka dan juga ruang pertemuan. Ruang belajar, laboratorium, dan kantor dikelilingi dan masuk ke dalam struktur beton ekspos.

Kemenangan ini menjadikan biro arsitek berkantor pusat di Dublin, Republik Irlandia ini menjadi firma yang piawai mendesain bangunan sekolah dan kampus universitas.

Pada awal 2016, Grafton Architects terpilih untuk mendesain gedung fakultas baru untuk London School of Economics di London, Inggris.

Selain itu, fakultas kedokteran dan asrama mahasiswa Universitas Limerick di Limerick, Republik Irlandia juga sempat masuk nominasi penghargaan bergengsi Stirling Prize 2003.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me