Mau Lihat Stadion Futuristik dan Eco-Friendly dengan Material Kayu?

Big Banner

Klub sepak bola asal Inggris, Green Forest Rovers boleh berbangga memiliki stadion baru yang ramah lingkungan (eco-friendly).

Tim ini merupakan salah satu klub yang berkompetisi di Divisi National League alias Divisi V dalam tingkatan Liga Inggris.

Baca juga: Saat Renovasi Selesai, Bandara Ini Bakal Berdampak Positif Bagi Ekonomi Inggris

Divisi V ini diikuti oleh klub yang profesional, semi profesional, dan amatir. Sedangkan Divisi I adalah Liga Primer Inggris yang diikuti oleh klub-klub elit.

Stadion baru Forest Green Rovers ini memiliki nama Eco Park dan mempunyai  luas total sekitar 40 hektar.

Baca juga: Thailine Ciptakan Ruang Publik Sangat Luas di Bangkok, Luar Biasa!

Letak stadion baru ini sekitar 22,5 km arah Barat Daya dari The New Lawn. Rencana pembangunan Eco Park menelan biaya mencapai 100 juta pound (Rp 1,6 triliun).

Eco Park bakal dibuat dengan material kayu, memiliki banyak ruang terbuka, serta mengolah sinar matahari menjadi tenaga listrik.

Baca juga: Hebat Nih, Apartemen Mewah Ini Tidak Melupakan Ruang Publik Lho

Arsitek yang merancang Eco Park adalah biro arsitek Zaha Hadid asal Inggris. Biro ini didirikan oleh mendiang Zaha Hadid, perempuan kelahiran Irak yang meninggal pada 31 Maret 2016.

Sebenarnya, Eco Park secara keseluruhan akan terbuat dari kayu. Forest Green Rovers akan menjadi klub pertama di dunia yang memiliki stadion dari kayu.

Baca juga: Kota Zurich Punya Komitmen Kembangkan Transportasi Massal

“Yang paling mengesankan dari semua ini adalah stadion, semuanya akan terbuat dari kayu. Pertama kalinya dibuat di dunia,” ujar chairman Forest Green Rovers, Dale Vince kepada Daily Mail.

“Hal penting dari penggunaan kayu bukan hanya pemakaian material alami, tetapi ini konten yang termasuk karbon rendah untuk material bangunan,” lanjut Vince.

Baca juga: Tinggi Maksimal The Towers Miami Terhadang Aturan Penerbangan

Vince berharap kalau klubnya bisa membuat stadium yang ramah lingkungan dan berkelanjutan. Dia juga membayangkan kalau Eco Park akan menjadi “stadion paling hijau” di dunia.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me