Beneran Lho, Rumah Pantai ini Didesain Tahan Angin Topan dan Badai!

Big Banner
Rumah yang Didesain oleh 1100 Architect (Rumah123/Dezeen)

Rumah pantai ini memang keren dengan berbentuk kotak dan berdesain modern kontemporer dan minimalis.

Rumah mewah ini berada di Pulau Ikema, sebuah pulau kecil yang hanya memiliki luas 2,6 kilometer persegi.

Baca juga: Thailine Ciptakan Ruang Publik Sangat Luas di Bangkok, Luar Biasa!

Pulau Ikema terhubung dengan pulau yang lebih besar yaitu Pulau Miyako lewat sebuah jembatan sepanjang 1.500 meter. Pulau-pula ini berada di prefektur Okinawa, Jepang.

Rumah ini didesain oleh 1100 Architect, biro desain yang memiliki kantor di New York (Amerika Serikat) dan Frankfurt (Jerman).

Baca juga: Setelah Lengser, Barack Obama Jadi Presiden Pertama yang Tinggal di Washington DC

Rumah ini dimiliki oleh seorang pemilik galeri seni. Dia besar di pulau ini dan ingin ada rumah peristirahatan bagi keluarganya.

Lantaran berada di tepi pantai, pemandangan paling indah tentu saja pantai dan juga Laut Tiongkok Selatan. Semua kamar tidur dan ruang tamu menghadap ke laut.

Baca juga: Mau Lihat Stadion Futuristik dan Eco-Friendly dengan Material Kayu?

Rumah ini memiliki dua kamar tidur dan dua kamar mandi, dapur terbuka yang besar, ruang makan, ruang tamu, dan dua ruangan dengan tatami, tikar tradisional khas Jepang.

Tidak ketinggalan, rumah ini memiliki sebuah kolam renang dengan panjang 10 meter dengan pemandangan laut.

Baca juga: Siapa Bilang Beton Ekspos Bikin Rumah Jadi Gelap? Lihat Dulu Dong

Akses masuk ke rumah ada dua, privat dan publik. Akses privat melalui tangga atau lift melalui carport.

Sementara akses menuju kolam renang atau pantai pribadi bisa melalui pintu dekat teras. Untuk menuju pantai, ada jalan setapak yang sengaja dibuat.

Baca juga: Kantor Bank Beralih Fungsi Jadi Kantor Arsitek, Luar Biasa Kan?

Biro arsitek 1100 Architect mendesain interior rumah mewah ini dengan sesederhana mungkin. Alasannya, agar semua penghuni terfokus pada pemandangan indah laut.

Maka, desain rumah ini pun memiliki dua lantai dengan semua ruangan utama berada di lantai dua. “Dengan mengangkat tinggi rumah di atas tanah, arsitektur rumah ini menjaga dan melestarikan karakter alami lanskap,” ujar founding partner 1100 Architect, Juergen Riehm kepada Dezeen.

Baca juga: Interior Rumah ini Dipenuhi Keramik dan Gelas Kaca, Penasaran Kan Seperti Apa?

By the way, yang tidak kalah keren dari rumah ini adalah penggunaan material yang memang ditujukan agar rumah bisa tahan terhadap angin topan dan badan yang sering terjadi di Okinawa.

Struktur beton pun diperkuat, begitu juga dengan kaca yang anti guncangan. Bahkan, kaca di sekeliling rumah ini bisa dilindungi oleh lapisan pelindung aluminium yang disembunyikan saat tidak dipakai.

Baca juga: Dapur Ini Juga Berfungsi Sebagai Kantor dan Tempat Meeting! Masa Sih?

Tertarik bikin rumah serupa di Indonesia? Tenang saja, angin di Indonesia belum sedahsyat seperti di Jepang, Tiongkok, atau Filipina kok.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me