Punya Rumah Sempit? Tangga Kayu Seperti Ini Bisa Jadi Inspirasi Lho

Big Banner

Rumah yang berada di London, Inggris ini hanya memiliki lebar tiga meter. Tidak diungkapkan berapa panjangnya dari depan hingga belakang.

Secara keseluruhan, rumah yang terkesan mungil ini memiliki luas hanya sekitar 100 meter persegi yang tersebar di empat lantai.

Baca juga: Dapur Ini Juga Berfungsi Sebagai Kantor dan Tempat Meeting! Masa Sih?

Seperti rumah kebanyakan, rumah yang memiliki nama Modern Mews ini mempunyai kamar tidur, dapur, ruang makan, dan kamar mandi.

Biro arsitek Inggris, Coffey Architects menggunakan desain teknik Jepang untuk memaksimalkan ruang dan pencahayaan. Biro arsitek ini didirikan oleh Phil Coffey pada 2005 lalu.

Baca juga: Lihat Nih, Transformasi Gudang Menjadi Ruang Kantor yang Keren!

Rumah ini memang berhimpitan dengan tetangga di kanan kiri. Praktis jendela hanya berada di depan rumah saja.

Untuk mengatasi keterbatasan ini plus ingin membuat rumah yang bisa memanfaatkan cahaya alami, Coffey Architects melakukan eksperimen dengan menggunakan sejumlah teknik yang biasa digunakan pada rumah dan ruang minum teh di Jepang.

Baca juga: Siapa Bilang Beton Ekspos Bikin Rumah Jadi Gelap? Lihat Dulu Dong

Coffey Architects memindahkan tangga ke tengah bangunan, membuat sejumlah bukaan pada atap dan lantai, dan menggantikan sejumlah dinding interior dengan partisi yang fleksibel dan transparan.

Tangga yang berada di bangian tengah ini memang sengaja dibuat oleh Coffey Architects. Biro arsitek ini tidak ingin ada koridor dalam rumah.

Baca juga: Kantor Bank Beralih Fungsi Jadi Kantor Arsitek, Luar Biasa Kan?

Menurut Coffey Architects, koridor digambarkan sebagai “ruang mati” karena menciptakan selasar atau koridor, plus ada ruang baru di bawah tangga.

Coffey Architects merancang tangga terbuat dari kayu, tanpa pegangan, dan beberapa anak tangga didesain seperti melayang. Semua ini membuat ruangan tidak terasa penuh.

Baca juga: Interior Rumah ini Dipenuhi Keramik dan Gelas Kaca, Penasaran Kan Seperti Apa?

Kalau rumah kamu memiliki luas yang terbatas, kamu bisa menerapkan hal yang sama dengan membuat tangga kayu seperti ini.

Hanya saja perhatikan dulu kalau tangga tanpa pegangan ini cukup berbahaya bagi anak dan orang tua. Jangan sampai ada anggota keluarga yang jatuh saat naik atau turun tangga.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me