Wow, Proses Pemasangan Jembatan Ini Super Kilat Lho!

Big Banner
Inner Harbour Bridge, Denmark (Rumah123/Dezeen)

Jembatan Inner Harbour Bridge ini memang unik dan bisa dikatakan jembatan pertama yang menggunakan teknik geser alias sliding bridge.

Jembatan Inner Harbour Bridge ini terletak di ibukota Denmark, Copenhagen. Inner Harbour Bridge sudah diresmikan sejak Agustus 2016. Pembangunan jembatan ini didanai oleh A.P. Moller Foundation.

Baca juga: Wow, Rotterdam Buat Innovation District untuk Para Pekerja Kreatif

Jembatan ini memiliki panjang 180 meter. Bagian yang dirancang untuk digeser sepanjang 50 meter. Lebar bagian jembatan geser adalah 8 meter.

Bagian jembatan yang terbuka dan digeser ini menggunakan mekanisme geser unik dengan bertumpu pada roda kembar yang berdiameter 1,8 meter. Uji coba jembatan geser ini sudah dilakukan sejak Agustus 2015.

Baca juga: Mau Tahu Bangunan Berdesain Bauhaus? Yuk, Kita Lihat Seperti Apa

Jembatan  ini dirancang oleh biro arsitek asal Inggris, Studio Bednarski. Biro arsitek ini tergolong baru, baru berdiri pada 2001. Studio Bednarski memenangkan sayembara desain ini pada 2009.

Inner Harbour Bridge dirancang untuk pejalan kaki dan pengendara sepeda sebagai akses wilayah yang terpisahkan oleh kanal dekat pelabuhan Copenhagen.

Baca juga: Seperti Apa Sih, Natal Terakhir Barack Obama di Gedung Putih?

Proses pengerjaan ini melibatkan para insinyur sipil spesialisasi jembatan dari Flint & Neill (Inggris), para insinyur mesin dari perusahaan Hardesty Hanover (Amerika Serikat), dan desainer lampu dari perusahaan Speirs & Major (Inggris).

Sedangkan bagian jembatan yang bisa digeser dikerjakan oleh perusahaan Vistal di Polandia, negara Eropa Timur.

Baca juga: Sejumlah Biro Arsitek Belanda Pindahkan Kantor ke Rotterdam, Ada Apa Ya?

Dua bagian jembatan geser ini terbuat dari baja dan memiliki berat masing-masing 250 ton. Bagian ini dikirim ke Copenhagen melalui laut pada Agustus 2015.

Hebatnya lagi, pemasangan bagian jembatan geser ini dengan crane hanya dilakukan dalam tempo satu malam saja.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me