Bikin Ruangan Gelap Jadi Terang? Ah, Gampang Kok (Bagian 3)

Big Banner
Panorama of light interior with color decors

Setelah membaca enam tips dalam dua tulisan sebelumnya, kamu sadar kan kalau membuat ruangan gelap menjadi lebih terang tuh sebenarnya gampang kan?

Kamu nggak perlu berpikir untuk melakukan renovasi yang tentunya menguras dana, waktu, dan tenaga, kan? Yuk, kita lihat lima tips terakhir dalam tulisan ini.

Baca juga: Ruang di Bawah Tangga Bisa Jadi Storage Apa Saja Ya?

Ketujuh, perhatikan saat menaruh lemari atau partisi. Dua furnitur ini memang bisa menambah keren ruangan dalam rumah kamu, tetapi ingat kalau penempatannya bisa menghambat masuknya cahaya lho.

Kamu harus menaruh lemari bersisian dengan dinding ketimbang dekat jendela, tentunya agar tidak menghalagi cahaya masuk.

Baca juga: Hmm, Bingung Pilih Material Untuk Pagar? Baca Ini Dulu Dong

Begitu juga dengan penempatan partisi. Meski partisi tidak dipasang dekat jendela, biasanya penempatan partisi memang dilakukan untuk membatasi ruangan dalam rumah. Tetapi, jangan sampai lho kalau partisi malah menghalangi sinar matahari masuk ke rumah.

Kedelapan, pilihlah warna putih atau netral. Ya, ini bukan ilmu pengetahuan sekolah dasar ya, tetapi memang ada pengaruhnya kok soal warna terang.

Baca juga: Hmm, Suasana Ruang Keluarga Jadi Beda Lho Lewat Penataan Cahaya

Pasanglah warna terang pada dinding, semakin terang maka dinding akan memantulkan cahaya. Kalau kamu memilih warna netral untuk diaplikasikan di dinding, coba cat bagian plafon dengan warna lebih terang agar membantu memantulkan cahaya ke sekeliling rumah.

Kesembilan, singkirkan tirai yang berat dan tebal. Mau punya privacy, ya pasang tirai yang tebal agar orang yang berada di luar tidak bisa melihat ke dalam rumah.

Baca juga: Sudut Ruangan Jadi Rak atau Storage? Hmm, Kenapa Nggak Bisa?

Tetapi, sebenarnya kamu bisa memasang tirai transparan lho untuk menghalangi orang melihat ke dalam rumah, sekaligus tetap bisa membuat sinar matahari masuk ke dalam rumah.

Kesepuluh, memasang bagian lantai dengan ubin yang kinclong. Kalau kamu ogah mengaplikasikan cat matte ke dinding, ada cara lain kok untuk memantulkan cahaya.

Baca juga: Ingat, Perhatikan Semua Ini Sebelum Menaruh Tanaman Pot dalam Ruangan

Kamu bisa memasang ubin di lantai dengan warna terang dan kinclong agar memantulkan cahaya yang masuk ke dalam ruangan.

Kesebelas, memasang furnitur yang bisa memantulkan cahaya. Nah, yang ini nggak boleh dilupakan lho. Furnitur bisa membantu ikut memantulkan cahaya matahari atau lampu.

Baca juga: Bikin Dong, Rumah Kamu Selalu Tampil Menarik

Coba cari furnitur dengan aksen akrilik, perabotan yang kinclong, furnitur yang mempunyai aksen metalik, atau ada perabotan dengan permukaan kaca seperti coffee table.

Coffee table dengan kaca akan memantulkan cahaya matahari atau lampu yang dipasang dalam ruangan. Kaca meja ini punya peran layaknya cermin lho.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me