Green Canyon, Keindahan Menakjubkan di Bumi Pasundan

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, kaya dengan tempat wisata menarik. Selain Pantai Pangandaran yang indah, Ciamis masih punya obyek wisata yang menakjubkab, yaitu Green Canyon. Warga sekitarnya menyebut sebagai Cukang Taneuh. Lokasinya di Desa Kertayasa, Cijulang,  sekitar 31 km dari Pangandaran.  Nama Green Canyon  diberikan oleh seorang turis Perancis tahun 1993 karena melihat airnya jernih kehijauan dari sungai dan lumut hijau tebing.

green-canyon-1

Bagi penduduk lokal, Cukang Taneuh memiliki makna jembatan tanah. Hal ini karena di atas lembah dan jurang Green Canyon terdapat jembatan tanah yang digunakan petani setempat untuk menuju kebun mereka.

Untuk mencapai Green Canyon dari dermaga Ciseureuh menempuh perjalanan selama 30-45 menit dengan perahu yang disebut “ketinting”. Tarif naik ketinting Rp75 ribu/orang yang beroperasi pukul 7.30 – 16.00.  Ketinting akan membawa Anda menyusuri sungai dengan suguhan pemandangan pohon-pohon hijau menjulang di sepanjang tepi sungai. Jika beruntung, Anda bisa melihat beberapa satwa di sekitar sungai. Anda juga bisa menikmati air terjun yang turun dari sisi tebing.

green-canyon-3

Untuk mengabadikan keindahan Green Canyon jangan lupa menyiapkan kamera. Anda bisa mejeng di tebing atau terjun ke air dengan meminta tukang perahu memotretnya.  Siapkan pembungkus kamera anti air karena di sini banyak limpasan air dari bukit dan tebing. Di lokasi Anda dapat berjalan-jalan menyusuri gua dengan stalaktit dan stalagmit yang meneteskan air. Selama perjalanan di atas perahu, Anda juga bisa menikmati suara gemuruh air yang berjatuhan di tebing.

Jangan lewatkan untuk berenang atau terjun ke air dari batu berketinggian 5 meter. Boddy rafting ini pengalaman tak terlupakan melewati arus kuat dalam air cukup dingin di antara tebing yang meneteskan air. Dari atas sinar menerobos melewati celah tebing.  Tidak ada yang perlu ditakutkan karena di dalam air disiapkan tali pegangan dan pelampung.  Harga yang ditawarkan untuk boddy rafting berkisar Rp150.000-250.000.  Jam operasional Green Canyon pukul 07.00 – 17.00 WIB. Khusus hari Jumat buka pukul 13.00, setelah shalat Jumat.

green-canyon-2 green-canyon-5

Sumber: anekatempatwisata.com

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me