Kota Miami Mulai Menjelma Jadi Ibukota Amerika Latin

Big Banner
The Towers, Miami, Amerika Serikat (Rumah123/Dezeen)

Biro arsitek asal Inggris, Foster + Partners merilis rencana desain arsitektur dua menara kembar pencakar langit yang akan dibangun di kawasan Brickell, Miami, negara bagian Florida, Amerika Serikat.

Dua menara kembar ini saling terkoneksi dan merupakan apartemen mewah dengan total mencapai 660 unit.

Baca juga: Setelah Lengser, di Mana Sih Para Presiden AS Tinggal? (Bagian 1)

Bangunan ini akan berdiri di atas tanah hanya seluas 1 hektar saja tepatnya di kawasan Teluk Brickell.

Pencakar langit kembar ini akan dinamai The Towers dan memiliki tinggi mencapai 320 meter. The Towers akan menjadi bangunan tertinggi di Pantai Timur AS di luar kota New York.

Baca juga: Setelah Lengser, di Mana Sih Para Presiden AS Tinggal? (Bagian 2)

Biasanya, gedung-gedung pencakar langit memang lebih banyak dibangun di New York, tepatnya di kawasan Manhattan, dibandingkan dengan kota-kota lainnya.

The Towers memilih tidak memasukkan bagian podium parkir yang biasanya menjadi tipikal gedung pencakar langit di Miami. Gedung ini lebih memilih lahan parkir di bawah tanah yaitu parkir basement.

Baca juga: Setelah Lengser, di Mana Sih Para Presiden AS Tinggal? (Bagian 3)

Pilihan ini akan membuat The Towers akan memiliki keleluasaan pada bagian ruang setara jalan untuk kepentingan umum termasuk ruang koneksi antara gedung.

Rencana groundbreaking atau peletakan batu pertama gedung belum ditentukan, karena tim pengembangan Foster + Partners masih mengajukan modifikasi untuk rencana lahan yang baru disetujui.

Baca juga: Setelah Lengser, di Mana Sih Para Presiden AS Tinggal? (Bagian 4)

Biro arsitek Foster + Partners juga memiliki proyek pembangunan apartemen di kawasan Faena, Pantai Miami. Tidak ketinggalan proyek perluasan Norton Museum of Art di bagian Barat Pantai Palm.

Foster + Partners menjadi salah satu biro arsitek papan atas yang memiliki beberapa proyek di Miami dan sekitarnya.

Baca juga: Generasi Milenial: Beli Rumah? Mendingan Jalan-jalan!

Selain Foster + Partners, masih ada konsultan arsitek kenamaan lainnya seperti Herzog & de Meuron, OMA, Bjarke Ingels Group, dan juga Zaha Hadid Architects.

Belakangan, Miami berbenah dengan memiliki banyak gedung perkantoran, apartemen mewah, hotel, dan juga museum.

Baca juga: “Lapangan” Baseball dalam Gedung Kantor, Keren Ya!

Bahkan, banyak yang menyatakan kalau Miami memang berubah menjadi ibukota Amerika Latin mengingat banyaknya penduduk AS keturunan Amerika Selatan dan juga pendatang dari Amerika Latin yang menetap di Miami dan sekitarnya.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me