Mantap Nih! Thailine Menjadi Ruang Publik yang Ramah Lingkungan

Big Banner
Thailine, Bangkok, Thailand (Rumah123/Archdaily)

Biro arsitek asal Inggris, Marques & Jordy merilis sebuah desain arsitektur yang dinamakan Thailine, sebuah proyek peremajaan di Bangkok, Thailand.

Bangkok telah berkembang menjadi sebuah kota yang sangat besar. Beragam persoalan terkait perkembangan kota besar terutama di negara berkembang bermunculan.

Baca juga: Setelah Lengser, di Mana Sih Para Presiden AS Tinggal? (Bagian 1)

Kota ini memerlukan ruang publik besar. Wilayah yang akan dimanfaatkan adalah areal di bawah jalan bebas hambatan di Bangkok.

Direktur Desain Marques & Jordy, Jon Sealey menjelaskan kawasan pengembangan Thailine seluas 960.000 meter persegi.

Baca juga: Setelah Lengser, di Mana Sih Para Presiden AS Tinggal? (Bagian 2)

Sealey telah menghabiskan waktu selama tiga tahun untuk melakukan riset beragam komunitas yang bisa menggunakan ruang publik ini dan merilis proposal lengkap bagaimana area ini bisa dimanfaatkan.

Proposal ini juga memasukkan adanya pusat pengolahan limbah, pusat kesehatan, infrastruktur hybrid yang baru, zona komersial, dan juga zona residensial. Selain itu, ada tempat berkumpul seperti cafe, pusat komunitas, dan beragam tempat aktivitas budaya lainnya.

Baca juga: Setelah Lengser, di Mana Sih Para Presiden AS Tinggal? (Bagian 3)

Tidak ketinggalan, warisan budaya orang Thailand juga dimasukkan dalam proposal ini. Tidak heran kalau seniman lokal, kuil, pagoda, pasar tradisional, pusat seni dan pusat kerajinan juga akan berada dalam rute Thailine.

Proposal ini memang menyediakan serangkaian area untuk komunitas yang bisa menciptakan deretan ruang publik yang ramah lingkungan di bawah jalan bebas hambatan.

Baca juga: Setelah Lengser, di Mana Sih Para Presiden AS Tinggal? (Bagian 4)

Visi dari Marques & Jordy untuk menciptakan kawasan untuk pejalan kaki dan pemakai sepeda serta menciptakan sebuah wahana pemberdayaan lingkungan, ekonomi, dan budaya di dalam kota Bangkok.

Pemberdayaan lingkungan dan penciptaan ruang yang ramah lingkungan juga ditekankan dalam proposal ini termasuk soal kualitas air, penggunaan air, kesehatan, penggunaan energi, kekurangan makanan, dan pertumbuhan ekonomi.

Baca juga: Generasi Milenial: Beli Rumah? Mendingan Jalan-jalan!

Bayangkan, kalau keberadaan Thailine akan meningkatkan ruang terbuka hijau hingga 200 persen di seluruh kota Bangkok.

Masalah air kotor akan ditampung dalam bak penampungan besar dan digunakan untuk irigasi yang terjadwal. Sinar matahari akan diolah untuk dijadikan energi dan dialirkan melalui lampu yang dipasang dipohon sehingga bisa menerangi semua area Thailine.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me