REI NTT Realisasikan Pembangunan 1.700 Unit Rumah

Big Banner

Kupang – DPD Real Estate Indonesia (REI) Nusa Tenggara Timur (NTT) selama tahun 2016 telah merealisasikan pembangunan 1.700 unit rumah sebagai dukungan kepada daerah itu dalam pelaksanaan Program Sejuta Rumah di Indonesia.

“Hingga Desember 2016 total rumah yang direalisasikan pembangunannya sebanyak 1.700 unit rumah. Semula REI NTT hanya menargetkan 1.500 unit rumah, namun ternyata melampaui target,” kata Ketua DPD REI, Boby Pitoby, di Kupang, Selasa (3/1).

Ia mengatakan, minat masyarakat NTT memiliki rumah sangat tinggi yang terlihat dari tingginya permintaan kepemilikan rumah.

“Tingginya permintaan kepemilikan rumah itu karena begitu banyak kemudahan yang diberikan pemerintah dan pengembang seperti uang muka yang kecil, sangat membantu warga NTT yang berpenghasilan rendah untuk memiliki rumah,” tegasnya.

Dengan uang muka hanya Rp 1,5 juta, menurut Boby Pitoby, masyarakat NTT sudah bisa memiliki rumah tinggal bertipe 30.

“Keringanan uang muka sebesar Rp1,5 juta menjadi dorongan bagi warga NTT untuk memiliki rumah tinggal, apalagi proses administrasinya mudah sehingga proses realiasi kepemilikan rumah bisa dilakukan dengan cepat. Dengan uang muka yang sangat murah itu warga berpenghasilan rendah di NTT berupaya memiliki rumah,” tegasnya.

Ia mengatakan sekalipun sudah ada keringanan uang muka, namun ditemukan kendala dalam proses pengurusan administrasi seperti adanya biaya tambahan Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) sebesar Rp 3.675.000 yang harus dibebankan kepada konsumen.

Boby mengatakan, biaya sebesar Rp 3.675.000 itu sangat berat bagi para konsumen berpenghasilan rendah.

“REI sedang memperjuangkan agar penetapan BPHTB itu diturunkan agar bisa mendorong lebih banyak lagi masyarakat di daerah ini memiliki rumah,”tegasnya.

Ia mengatakan DPD REI NTT menargetkan tahun 2017 akan merealiasikan pembangunan 3.000 unit rumah di NTT.

/FER

ANTARA

beritasatu.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me