Jepang Bantu Kembangkan Infrastruktur Indonesia

Big Banner
Kerja sama Indonesia dan Jepang dalam pengembangan infrastruktur di Indonesia. Foto: Rumah123/Kementerian PUPR

Indonesia dan Jepang menyepakati kerja sama pengembangan infrastruktur di Indonesia. Kerja sama dengan pihak negara asing ini masih menyisakan pertanyaan perihal status izinnya.

Tertulis pada Undang-Undang (UU) Jasa Konstruksi yang baru disahkan DPR pada 15 Desember lalu, terkait izin jasa kontruksi asing sudah diatur dalam Peraturan Menteri PUPR No. 30/2016.

Baca juga: Tiga Menara Rusun Atlet Siap Digunakan Untuk Asian Games 2018

“Ada sejumlah penyederhanaan proses. Pada saat yang sama melindungi pula perusahaan jasa konstruksi nasional. Undang-Undang Jasa Konstruksi baru juga mengatur perusahaan jasa konstruksi asing di Indonesia untuk menempatkan salah satu direksinya dari orang Indonesia,” kata Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, menjelaskan pada Kamis (29/12) di Jakarta.

Menteri Pertanahan, Infrastruktur, Transportasi, dan Pariwisata Jepang, Keiichi Ishii, berharap dengan kesepakatan kerja sama tersebut, ke depannya kedua negara ini dapat bertukar pengalaman dan pengetahuan di bidang infrastruktur.

Baca juga: Tahun Baru Daftar Kegiatan Ini Wajib Dilakukan

Kesepakatan kedua negara ini antara lain mengembangkan kerja sama pertukaran pengalaman, serta pengetahuan di bidang jalan dan jembatan. Salah satunya, pengelolaan lereng jalan yang berpotensi longsor dan pengembangan terowongan.

Selain itu, Jepang akan membantu proyek konservasi Pantai Bali fase kedua. Juga membantu menangani abrasi pantai tanpa mencemari lingkungan. (Wit)

 

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me