Bingung Mau Beli Rumah Inden? KPR Inden Saja!

Big Banner
Ilustrasi. Foto: Rumah123/iStock

Kredit Pemilikan Rumah (KPR) inden merupakan sebuah program KPR yang dapat digunakan konsumen untuk membeli rumah yang belum sepenuhnya selesai.

Sebelum mengajukan KPR inden, ada yang harus kamu perhatikan. Coba simak berikut ini:

Pertama, pastikan asal-usul pengembang dan contoh proyeknya yang rampung dibangun. Jangan sampai uang inden yang sudah kamu bayarkan menimbulkan kerugian, atau tidak sesuai dengan keinginan atau tidak selesai sesuai target.

Baca juga: Targetkan KPR 46 Ribu Unit Rumah, BTN Siapkan Rp6 Triliun

Kedua, cek kembali dokumen atau surat resmi dari pengembang atau penjual rumah. Menghindari terjadinya penipuan. Gunakan jasa konsultan hukum untuk mengetahui dokumen tersebut asli dan tidak memiliki masalah hukum.

Ketiga, cari pengembang yang sudah lama menjalin kerja sama dengan pihak bank. Pengembang-pengembang tersebut melalui proses yang ketat jika ingin bekerja sama dengan bank. Jadi reputasinya sudah baik.

Baca juga: Penghapusan KPR Inden Bukan Solusi Atasi Pengembang Nakal

Keuntungan menggunakan KPR inden, rumah yang kamu beli bisa kamu desain sesuai keinginanmu karena belum dibangun. Kamu bisa menggunakan jasa arsitek dan desain interior.

Untuk jasa desain dan arsitek, Bank Tabungan Negara (BTN) menyediakannya melalui fitur Komunitas Properti yang dapat diakses pada situs BTN Properti.

Nah, kamu sekarang sudah tahu kan cara mengajukan KPR inden. Kalau sudah tahu, nggak bakal rugi deh kalau kamubayar uang inden. (Wit)

 

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me