Desain Apartemen Lebih Terbuka untuk Pasangan Lansia, Kayak Apa Ya?

Big Banner
Apartemen yang Didesain oleh Bajet Girame Architects (Rumah123/Dezeen)

Apartemen bernama Mitre Apartment ini berada di sebuah jalan raya yang panjang di bagian Barat kota Barcelona, Spanyol.

Sepasang suami istri yang sudah berusia lanjut telah menempati apartemen ini selama 30 tahun. Apartemen ini memiliki banyak ruang kecil dan selasar.

Baca juga: Bikin Ruangan Gelap Jadi Terang? Ah, Gampang Kok (Bagian 1)

Tentunya desain ini memang cocok saat anak-anak masih tinggal bersama orang tua, tetapi mereka sudah beranjak dewasa dan kemudian pergi.

Pasangan tua ini pun menginginkan ruang apartemen yang lebih terbuka. Mereka menunjuk Bajet Girame Architects untuk mendesain ulang apartemen.

Baca juga: Bikin Ruangan Gelap Jadi Terang? Ah, Gampang Kok (Bagian 2)

Bajet Girame Architects pun mengembalikan apartemen seperti saat era 1970-an. Beberapa bagian kamar dibongkar.

Namun, sejumlah detail struktur dan arsitektur asli bangunan tetap dipertahankan seperti kolom baja, rangka atap, dan juga plafon bata yang menjadi ciri khas properti di Barcelona.

Baca juga: Bikin Ruangan Gelap Jadi Terang? Ah, Gampang Kok (Bagian 3)

Beberapa bagian tembok dihilangkan dan digantikan dengan struktur kayu yang berfungsi menjadi rak dan juga tempat penyimpanan.

Selain itu, ada sebuah kamar berukuran kecil untuk ditempati cucu pasangan ini, ruang kerja, dan juga tempat penyimpanan sofa bed untuk tamu.

Baca juga: Mau Tahu Ide Mendesain Rumah dengan Lantai Mezzanine?

Bajet Girame Architects juga membuat perubahan dengan membuat bukaan sehingga cahaya alami dari luar apartemen yang berasal dari sisi Utara dan Selatan bisa masuk dengan sempurna.

“Tujuan dari proyek ini adalah memastikan apartemen memiliki latar belakang bagus dan perubahan karakter. Hal ini bisa diraih dengan dua hal yaitu mengungkapkan kualitas tersembunyi dari arsitektur 1970-an dan mendefinisikan beberapa hal baru lewat latar belakang sugestif,” ujar tim dari biro arsitek Bajet Girame Architects seperti dikutip oleh Dezeen.

Baca juga: Permainan Warna untuk Memadukan Bangunan Lama dan Baru, Kayak Apa Sih?

Mungkin kamu menemukan masalah serupa. Rumah orang tua perlu dirombak setelah kamu dan saudara-saudara tidak tinggal lagi serumah.

Rumah orang tua pun perlu dirombak ulang karena banyak kamar yang kosong. Kamu bisa mendesain ulang sesuai kebutuhan lho.

Baca juga: Kombinasi Material Kayu, Logam, dan Marmer Jadikan Dapur Ini Semakin Cantik Lho

Mungkin kamu ingin mengubah tangga di rumah menjadi lebih aman. Kamu juga bisa mengubah lantai kamar mandi dengan ubin yang tidak licin dan cepat kering.

Perubahan memang harus dilakukan kalau sebuah hunian ditempati oleh orang lanjut usia yang mulai memiliki keterbatasan dalam bergerak.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me