Serius Lho, Bangunan Ini Adalah Rumah Sekaligus Kandang Domba!

Big Banner
Rumah dan Kandang Domba yang Didesain oleh Workshop Architecten (Rumah123/Dezeen)

Bangunan dengan fasad kayu bercat hitam dan bergaya kekinian ini memang terlihat seperti rumah biasa. Ada ruang makan dan tangga akses menuju lantai dua yang terlihat dalam foto.

Namun, siapa menyangka kalau bagian lain dari bangunan ini adalah kandang domba! Nggak mengira kan kalau kandang domba bisa didesain kekinian.

Baca juga: Bikin Ruangan Gelap Jadi Terang? Ah, Gampang Kok (Bagian 1)

Biro arsitek asal Belanda, Workshop Architecten mendapatkan proyek untuk mengubah lumbung tua yang dibangun pada era 1960-an.

Klien meminta Workshop Architecten untuk mendesain ulang lumbung menjadi rumah tinggal dan kandang domba plus ruang penyimpanan.

Baca juga: Bikin Ruangan Gelap Jadi Terang? Ah, Gampang Kok (Bagian 2)

Bangunan ini kemudian dinamakan Barn Rijswijk karena berada di wilayah Rijswijk, bagian Barat Belanda. Rumah dan kandang ini dikelilingi oleh pohon-pohon buah yang sudah berusia ratusan tahun dan luasnya mencapai 4,5 hektar!

“Bangunan baru ini cocok dengan lanskap sekitar dan juga bangunan bersejarah lainnya di sekitar sini,” ujar tim dari Workshop Architecten seperti dikutip oleh Dezeen.

Baca juga: Bikin Ruangan Gelap Jadi Terang? Ah, Gampang Kok (Bagian 3)

Rumah dan kandang ini memiliki fasad kayu yang dicat hitam, sedangkan di bagian interior, kayu dibiarkan dengan warna alami.

Bagian bangunan yang menjadi rumah ini bercat putih pada interior. Memang kontras kalau membandingkan antara eksterior dengan aplikasi cat hitam dan interior dengan penggunaan cat putih.

Baca juga: Permainan Warna untuk Memadukan Bangunan Lama dan Baru, Kayak Apa Sih?

Workshop Architecten juga mendesain bagian atas hunian dengan jendela yang lebar sehingga matahari bisa masuk, plus penghuni bisa melihat dengan leluasa ke arah tanah pertanian.

Sementara, bagian kandang domba didesain dengan mengaplikasikan kayu yang tidak dicat dan dibiarkan alami.

Baca juga: Kombinasi Material Kayu, Logam, dan Marmer Jadikan Dapur Ini Semakin Cantik Lho

Keren kan rumah dan kandang seperti ini? Buat kamu yang sedang merintis usaha peternakan, kenapa nggak coba desain rumah dan kandang seperti ini.

Siapa bilang kalau kandang nggak bisa didesain kekinian? Nah, ini menjadi bukti konkritnya lho.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me