Tiongkok Akan Bangun Pusat Teknologi di Wilayah Sengketa

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Pemerintah daerah Shenzhen dan pemerintah daerah khusus Hong Kong berencana  membangun sebuah pusat teknologi dan inovasi di Lok Ma Chau Loop (LMC Loop). Kedua pemda itu sudah sepakat untuk bekerja sama, dan mengakhiri perdebatan bertahun-tahun atas pemanfaatan dan pengelolaan LMC Loop.

render-rencana-pembangunan-lmc-loop

LMC Loop (100 ha) bagian desa yang ada di perbatasan antara wilayah Khusus Hong Kong dan wilayah Shenzhen, di Tiongkok daratan. Berada di tepi Sungai Sham Chun (Sungai Shenzhen), di seberang area komersial Shenzhen Futian, sebagian besar lahannya berupa rawa-rawa dan lumpur. Disebut loop, sebab areanya dikelilingi oleh kanal yang sejatinya adalah badan sungai alami, sebelum Sungai Shenzhen dinormalisasi. Berada dekat dengan jalur jalan antara Hong Kong – Shenzhen, juga stasiun LMC yang melayani East Rail Line MTR Hong Kong dan kereta ke Shenzhen.

Sesaat kembalinya Hong Kong ke Tiongkok, LMC Loop sempat dipersengketakan statusnya oleh kedua wilayah yang saling berbatasan tersebut. Maklum, meski berada dalam satu negara, namun Hong Kong memiliki hak otonomi istimewa.  Untuk masuk/keluar wilayah Hong Kong warga negara Tiongkok daratan  harus melewati pos imigrasi. Tidak heran setelah berada di tangan Hong Kong justru seperti “sengaja” dibiarkan terbengkalai oleh Hong Kong. Hal ini dimaksudkan guna mencegah masuknya migran dari Tiongkok daratan ke Hong Kong.

Kesepakatan bersamanya sudah ditanda-tangani, tetapi detil rencana masih belum diungkap kedua pemda yang wilayahnya saling berbatasan ini. Dari rencana yang sempat diungkap oleh David Lam, for director of planning LMC Loop, pada tahun 2012, di sini akan dibangun fasilitas hi-tech research and development, dukungan untuk pendidikan tinggi serta kawasan industri kreatif dan budaya. Tidak dikembangkan sebagai area permukiman, mengingat kondisi tanah dan lingkungannya yang tidak memungkinkan. Sebaliknya wetland area seluas 13 ha akan dipertahankan, tampaknya pemerintah bersedia menerima masukan dari para pemerhati ekologi untuk mempertahankan kondisi lingkungan LMC Loop.

Sumber: South China Morning Post

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me