Aplikasi Teknik Desain Jepang untuk Renovasi Rumah di Inggris, Seperti Apa Ya?

Big Banner
Rumah yang Didesain Ulang oleh Coffey Architects (Rumah123/Dezeen)

Rumah ini hanya memiliki lebar tiga meter, namun memang tidak diungkapkan berapa panjangnya dari depan hingga belakang. Rumah ini sendiri berada di ibukota Inggris, London.

Secara keseluruhan, rumah yang terkesan mungil ini memiliki luas sekitar 100 meter persegi yang tersebar di empat lantai.

Baca juga: Rumah Pertanian Disulap Jadi Studio Seni? Kamu Mau Ikut Coba?

Seperti lazimnya rumah kebanyakan, rumah yang memiliki nama Modern Mews ini mempunyai kamar tidur, dapur, ruang makan, dan kamar mandi.

Biro arsitek Inggris, Coffey Architects menggunakan desain teknik Jepang untuk memaksimalkan ruang dan pencahayaan. Biro arsitek ini didirikan oleh Phil Coffey pada 2005 lalu.

Baca juga: Setelah Direnovasi, Apartemen Ini Punya Pemandangan Indah Danau Michigan

Rumah ini berhimpitan dengan tetangga di kanan kiri. Praktis jendela hanya berada di depan rumah saja.

Untuk mengatasi keterbatasan ini plus ingin membuat rumah yang bisa memanfaatkan cahaya alami, Coffey Architects melakukan eksperimen dengan menggunakan sejumlah teknik yang biasa digunakan pada rumah dan ruang minum teh di Jepang.

Baca juga: Fasad Kayu dan Kaca Berpadu dengan Lanskap Pasir Bikin Villa Ini Tampil Beda Lho

Coffey Architects memindahkan tangga ke tengah bangunan, membuat sejumlah bukaan pada atap dan lantai, dan menggantikan sejumlah dinding interior dengan partisi yang fleksibel dan transparan.

Partisi ini sendiri terbuat dari kertas dengan bahan dasar beras. Partisi seperti ini biasa digunakan di rumah-rumah Jepang.

Baca juga: Serius Lho, Bangunan Ini Adalah Rumah Sekaligus Kandang Domba!

Bukaan berupa skylight berukuran besar ditempatkan di bagian atap sehingga membuat rumah ini berlimpah cahaya matahari.

“Hmm, rumah ini bisa dianggap sebagai bagian dari kemampuan pertukangan. Kekayaan teknik Jepang berpadu dengan bata bercat putih yang ada di rumah ini,” ujar Phil Coffey seperti dikutip oleh Dezeen.

Baca juga: Desain Apartemen Lebih Terbuka untuk Pasangan Lansia, Kayak Apa Ya?

Hmm, kalau rumah kamu memiliki luasan terbatas dengan lebar yang mirip dengan rumah ini, tidak ada salahnya untuk mengambil sedikit ide dari rumah ini.

Kamu bisa menempatkan tangga pada bagian tengah sehingga menghemat ruangan serta membuat bukaan pada bagian atap supaya bisa mendaptkan cahaya alami.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me