Jalan Tol Mana Aja Sih yang Sudah Rampung dan yang Masih Dikerjakan?

Big Banner
Jalan layang Antapani, Bandung, yang rampung dikerjakan oleh Kementerian PUPR. Foto: Rumah123/Kementerian PUPR

Sepanjang 2016, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menggarap sejumlah konektivitas. Beberapa di antaranya sudah rampung.

Pembangunan konektivitas jalan dan jembatan tersebut diharapkan bisa mengatasi kemacetan yang selama ini dialami masyarakat di seluruh penjuru Indonesia.

“Saya kira manfaatnya masing-masing jalan tol menjadi salah satu solusi dalam mengatasi kepadatan lalu lintas di wilayah sekitarnya. Terutama memperlancar distribusi yang dapat mengurangi biaya logistik secara ekonomis,” kataa Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, di Jakarta, Kamis (5/1).

Baca juga: Pengerjaan Sejumlah Proyek Jalan Tol Tidak Lagi Mangkrak

PUPR telah menyelesaikan pembangunan jalan tol sepanjang 68 kilometer di wilayah Pulau Jawa. Antara lain, Jalan Tol Krian-Mojokerto 18,5 kilometer, Pejagan-Pemalang Seksi I dan II sepanjang 20,2 kilometer dan Jalan tol Kertosono-Mojokerto Seksi III sepanjang 5 kilometer.

Sejak 2015-2016, panjang jalan tol bertambah 176 kilometer. Lalu, pada akhir 2017, secara akumulatif akan bertambah 400 kilometer.

Kemudian, pembangunan jembatan terdata 9.098 meter yang telah selesai. Yaitu, pembangunan Jembatan Layang (flyover) Antapani di Bandung, Jawa Barat sepanjang 700 meter yang membutuhkan proses penyelesaian selama enam bulan.

Baca juga: 2019, Jalan Layang Tol Jakarta-Cikampek II Mulai Beroperasi

Jembatan Merah Putih Maluku sepanjang 1.140 meter yang diresmikan pada 4 April 2016. Foto: Rumah123/Kementerian PUPR

Pada 2016 lalu, tercatat Kementerian PUPR juga telah memulai pembangunan jalan dan jembatan baru di antaranya Jalan Tol Pemalang-Batang sepanjang 39,2 kilometer, Jalan Tol Batang-Semarang sepanjang 75 kilometer, Jalan Tol Pekanbaru-Dumai sepanjang 135 kilometer, dan Jembatan Teluk Kendari sepanjang 474 meter.

Begitu pula Jalan Tol Jakarta-Cikampek II (elevated) sepanjang 36,84 km dan Krian-Legundi-Bunder-Manyar (KLBM) sepanjang 38,29 km yang pada akhir 2016 baru saja dilakukan penandatanganan perjanjian untuk penggarapannya. (Wit)

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me