Wow, Jembatan Suspensi Tertinggi di Dunia Ada di Tiongkok!

Big Banner
Jembatan Beipanjiang, Tiongkok (Rumah123/Dezeen)

Jembatan Beipanjiang di Tiongkok resmi beroperasi belum lama ini. Jembatan Beipanjiang ini melintasi Sungai Beipan yang menghubungkan dua provinsi, Guizhou dan Yunnan.

Jembatan ini memiliki bentang panjang sekitar 1.341 meter dan terdiri atas empat jalur jalan. Yang mencengangkan, jembatan ini berada di ketinggian 564 meter!

Baca juga: Kota Miami Mulai Menjelma Jadi Ibu Kota Amerika Latin

Alhasil, jembatan ini pun menjadi jembatan suspensi tertinggi di dunia. Jembatan Beipanjiang mengalahkan jembatan Sidu River Bridge yang berada 500 meter di atas aliran Sungai Sidu, Provinsi Hubei, Tiongkok.

Akan tetapi, laman arsitektur Dezeen mengklaim bahwa jembatan ini masih kalah tinggi dibandingkan dengan Jembatan Millau Viaduct di Prancis yang didesain biro arsitek kenamaan Inggris, Fosters+Partners.

Baca juga: Luar Biasa, Rumah Mewah Pertama Donald Trump Dijual Dengan Harga Fantastis!

Jembatan Beipanjiang ini didesain oleh para insinyur Tiongkok yang memang dikenal banyak mendesain jembatan besar dan panjang.

Pembangunan jembatan suspensi ini dimulai pada 2013 lalu dan berhasil dirampungkan pada September 2016. Biaya pembangunan jembatan ini mencapai US 144 juta dollar (sekitar Rp 1,9 triliun).

Baca juga: Mau Tahu Gedung Tertinggi Kedua di Tiongkok dan Tertinggi Kelima di Dunia?

Pada 30 Desember, Jembatan Beipanjiang mulai diujicobakan untuk dilewati kendaraan bermotor. Setelah itu, jembatan ini resmi beroperasi.

Jembatan Beipanjiang dibangun untuk memangkas waktu perjalanan dari Guizhou dan Yunnan, begitu juga sebaliknya.

Baca juga: Ada Mangkuk Raksasa di Atas Atap Rumah, Gunanya Buat Apa Tuh?

Sebelumnya, kalau ingin bepergian antarprovinsi ini, orang-orang Tiongkok harus menghabiskan waktu lima jam lantaran harus memutar. Sekarang, mereka hanya perlu menempuh waktu dua jam saja.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me