Asyiiik… Tol Jakarta-Semarang Siap Dilalui Pemudik Lebaran Tahun Ini

Big Banner
Beberapa ruas tol menuju Semarang akan difungsionalkan jelang Lebaran Juni tahun ini. Foto: Rumah123/Kementerian PUPR

  

Tiga ruas jalan tol penghubung Jakarta-Semarang meski saat ini belum rampung, tapi akan bisa dilalui pada Lebaran tahun ini. Ketiga ruas jalan tol tersebut yakni Tol Pejagan-Pemalang, Pemalang-Batang, dan Batang-Semarang.

Diharapkan ketiga jalan tol tersebut dapat mengurai kemacetan jalur mudik saat Lebaran.

“Kami ingin memastikan jalan Tol Trans-Jawa, Jakarta-Surabaya, sepanjang 650 kilometer ditargetkan selesai 2018. Juga meyakinkan mudik tahun ini bisa tembus tidak hanya sampai ke Pemalang, tapi juga sampai ke Ngaliyan, Semarang, sudah fungsional dan dilapisi beton,” ujar Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, usai meninjaunya di Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (7/1).

Baca juga: Siap-Siap! Tahun Ini Ada Ruas Tol Jawa dan Sumatera yang Bakal Bisa Dilewati

Dengan fungsionalnya jalan Tol Trans Jawa sampai Semarang, para pengendara tidak fokus lagi pada ruas Brebes Timur.

“Kalau nanti di Ngaliyan itu berfungsi, arus (lalu-lintas) dapat terpecah di Brebes, langsung menuju Purwokerto, jadi sudah banyak alternatif untuk rekayasa lalu lintas,” katanya.

Progres konstruksi pembangunan ruas jalan Tol Pejagan-Pemalang Seksi 3 dan 4 telah mencapai 57,25 persen. Meski ditargetkan rampung keseluruhan pada Desember mendatang, namun diharapkan secara fungsional dapat dilalui pada arus mudik tahun ini.

Baca juga: Pilih Wallpaper atau Cat Dinding? Baca Ini Dululah!

Seperti diketahui, jalan Tol Pejagan-Pemalang memiliki panjang 57,5 kilometer dan terdiri atas 4 seksi. Untuk Seksi 1 dan 2 hingga keluar Brebes Timur telah dioperasikan pada Juni 2016 lalu.

Sedangkan ruas Tol Pemalang-Batang memiliki panjang 39 kilimeter. Progres konstruksi mencapai 6,63 persen dan pembebasan lahan mencapai 80,80 persen. (Wit)

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me