Migrasi Dorong Terbentuknya Kota Baru

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Perpindahan penduduk atau migrasi ke kawasan-kawasan baru mendorong  tumbuhnya kota-kota baru. Terbentuknya dua ibukota propinsi baru,  Mamuju yang menjadi ibukota Sulawesi Barat dan Bulungan, ibukota Kalimantan Utara, tidak terlepas dari pelaksanaan program transmigrasi.

kota-transmigrasi

Dikutip dari Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Jumat (6/1), masih ada ratusan daerah otonom lain terbentuk karena migrasi. Yaitu terbentuknya 104 ibukota kabupaten dan kota, 385 ibukota kecamatan, dan 3.055 desa baru yang terbentuk dari pemukiman transmigrasi.

Di era pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) transmigrasi dilaksanakan berbasis kawasan. Prioritasnya  mendukung pembangunan wilayah perbatasan dengan pembangunan pemukiman baru, pemugaran kawasan, dan satuan pemukiman berbasis pola usaha lokal.  Saat ini sudah terbentuk 23 kawasan transmigrasi yang tersebar di Maluku, Papua, Kalimantan, dan beberapa lokasi lain. Selain itu  pemerintah juga menetapkan 48 kota terpadu mandiri (KTM) yang merupakan embrio dari kawasan transmigrasi.

housing-estate.com