Kawasan Pusat Kota Surabaya Masih Jadi Incaran untuk Perkantoran

Big Banner
Ilustrasi. Foto: Rumah123/iStock

Gedung perkantoran Surabaya trennya tak beda jauh dengan yang di Jakarta. Secara suplai, gedung perkantoran di Kota Pahlawan itu meningkat 347.333 meter persegi Year on Year (YoY). Over suplainya meningkat hingga 20 persen.

Kawasan pusat Kota Surabaya masih menjadi incaran pengembang untuk meluaskan bisnis propertinya. Ada sekitar 192.168 meter persegi yang terbangun di wilayah tersebut. Namun, tidak dipungkiri wilayah lain bakal berkembang juga.

Baca juga: Noble House Tawarkan Harga Sewa Kantor yang Kompetitif

“Secara suplai, di area Selatan juga banyak. Meski saat ini masih didominasi Central Surabaya. Tetapi, tiga tahun ke depan, wilayah Selatan akan berkembang juga gedung perkantorannya,” ujar Senior Associate Director Colliers Internasional Indonesia, Ferry Salanto, beberapa waktu lalu.

Banyaknya suplai gedung perkantoran, maka meningkatkan pula penyewaannya sebesar 32 persen YoY. Sewa gedung perkantoran di sana, dikatakannya melebihi ekspektasi.

Baca juga: Suplai Gedung Perkantoran Terbanyak Masih di Kawasan Sudirman

“Karena banyak masuk gedung baru yang bentuknya lebih modern, harganya pun jadi lebih mahal. Kemudian, tenan yang masuk tidak seimbang dengan suplai,” katanya.

Harga sewa gedung kantor di Surabaya rata-rata berkisar Rp144 ribu per meter segi per bulan. Diprediksi untuk tahun ini harga sewanya relatif flat (datar) karena unit sewa yang kosong lebih besar. (Wit)

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me