Kempupera Dukung Pembentukan Dinas Perumahan di Daerah

Big Banner

Jakarta – Adanya pembentukan dinas yang mengurusi masalah perumahan di daerah diharapkan dapat mendorong pelaksanaan pembangunan hunian bagi masyarakat dalam Program Satu Juta Rumah di daerah. Untuk itu, dukungan pemerintah daerah (Pemda) untuk membentuk dinas perumahan sangatlah diperlukan.

“Dinas yang menangani masalah perumahan dan infrastruktur di daerah juga diperlukan,” kata Dirjen Penyediaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kempupera), Syarif Burhanuddin, dalam siaran persnya di Jakarta, Rabu (11/1).

Syarif menjelaskan, salah satu dasar pembentukan dinas di daerah yang ditugaskan khusus menangani perumahan adalah sesuai dengan amanat Undang-undang (UU) Nomor 1 Tahun 2011 tentang Perumahan dan Kawasan Permukiman. Selain itu, lanjut dia, masalah perumahan saat ini juga menjadi salah satu kewajiban yang harus mendapat perhatian khusus dari pihak Pemda.

“Pemda juga berkewajiban untuk menangani masalah perumahan di daerahnya masing-masing. Sebab, Pemda yang tahu berapa kebutuhan dan penanganan masalah perumahan bagi masyarakatnya,” terangnya.

Untuk kedepan, Syarif berharap, dinas perumahan yang telah terbentuk bisa menjalin kerjasama lintas sektor dengan bidang terkait di Kempupera seperti Cipta Karya, Bina Marga, Pengairan, dan Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah.

Selain itu, kata Syarif, Pemda juga perlu menyiapkan simber daya manusia (SDM) yang berkompeten, semangat kerja yang baik dan yang paling penting adalah memiliki integritas sebagai tenaga pelaksana program penyediaan perumahan sehingga hasil pembangunannya bisa bermanfaat bagi masyarakat.

“Jadi, semua program perumahan di daerah bisa terkoordinasi dengan bidang lainnya di Kempupera,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas PKP2 Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), A Bakti Haruni, menyatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel telah membentuk Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan sebagai bentuk dukungan terhadap program pemerintah pusat. Sebelumnya, dinas yang dipimpinnya merupakan Dinas Tata Ruang dan Permukiman.

“Kami berharap, pemerintah pusat tetap memberikan dukungan kepada Pemda untuk penanganan masalah perumahan bagi masyarakat di Provinsi Sulsel ini,” kata Bakti.

 

Imam Muzakir/Feriawan Hidayat/FER

PR

beritasatu.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me