9 Tips Sukses Beli Rumah secara Online

Big Banner

JAKARTA – Daring (perdagangan dalam jaringan) atau e-commerce sekarang ini sangat digandrungi, terutama oleh kaum dewasa muda. Apapun kini bisa kamu lakukan secara online, termasuk mencari rumah.

Kini, berbagai informasi tentang rumah bisa kamu dapatkan di internet. Di laman atau di situs tersebut tersaji beragam listing properti, mulai dari rumah, apartemen, ruko, rukos, rukan, hingga tanah/lahan. Berikut juga harga dan kelengkapaan fasilitasnya.

Bagi kamu yang ingin mencari hunian secara online, bisa menyimak beberapa tips berikut ini:

Pertama, Sebelum browsing, pastikan dulu spesifikasi dan lokasi hunian yang kamu incar. Perhatikan juga berapa besar budget yang kamu sediakan.

Kedua, Jika kamu sudah memilih sebuah hunian, bandingkan dengan beberapa hunian yang lainnya dari segi lokasi, harga, dan fasilitas.

Ketiga, Cek kembali keberadaan pengembang, broker, atau sang pemilik properti yang memasarkan hunian tersebut secara online.

Baca juga: Mendaftar Beli Rumah di Citra Maja, Cukup via Online!

Keempat, Mintalah waktu untuk meninjau atau survei lapangan.

Kelima, Sebaiknya saat melakukan survei hunian tersebut dilakukan dalam 3 waktu yakni saat pagi, siang, maupun malam. Jadi, jangan datang sekali saja.

Kamu juga bisa lakukan survei saat hujan datang. Hal ini penting agar kamu bisa melihat sendiri kondisi rumah dan lingkungannya saat hujan deras, apakah banjir atau tidak. Ke mana aliran air hujan mengalir, apakah gotnya mampet.

Keenam, Cek apakah data yang disebutkan pengembang, pemilik, atau broker rumah tersebut sesuai dengan faktanya di lapangan.

Baca juga: Ini Dia Rumah Ramah Lingkungan, Mau?

Ketujuh, Perhatikan pula kondisi tetangga di sekitarnya, karena ini menyangkut faktor keamanan dan kenyamanan lingkungan tinggal di hunian tersebut.

Kedelapan, Cek kembali aspek legalitas dan kelengkapan dokumen hunian tersebut yakni surat tanah, IMB, listrik, air, dan lain-lain.

Kesembilan, Jika kamu merasa cocok, coba negosiasikan harga dan termin pembayarannya secara hangat dan terbuka agar terjadi kesepakatan yang menguntungkan masing-masing pihak.

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me