Tak Sanggup Mengelola, Pemerintah Undang Asing Kelola 4.000 Pulau

Big Banner

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mengatakan lokasi pulau-pulau itu terpencil dan belum bisa dijamah. “Dengan dikelola asing bisa meningkatkan perekonomian masyarakat di sana dan nanti kita akan buat aturannya untuk memproteksi, karena asing ini hanya mengelola bukan memiliki karena memang tidak dijual,” katanya di Jakarta, Senin (9/1).

Saat ini negara-negara seperti Jepang, Singapura, Australia, dan beberapa lainnya telah meminta untuk mengelola beberapa pulau dan salah satunya di wilayah Morotai, Kepulauan Maluku. Luhut menyebut pemerintah akan memberikan opsi untuk membuat kampung tematik untuk negara pengelola namun sekali lagi ini bukan jual-beli pulau.

Dengan dikelola oleh asing juga merupakan salah satu target pemerintah untuk meningkatkan kunjungan pariwisata sehingga bisa meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar dan pendapatan negara. Pariwisata juga merupakan salah satu sektor yang paling berpeluang dan bisa cepat meningkatkan perekonomian negara.

“Nantinya tentu pengawasannya akan diperkuat dengan rule yang tidak bisa dilanggar oleh negara asing. Ini untuk meningkatkan kunjungan wisatawan asing yang pada tahun 2016 mencapai 12 juta, ini ingin kita tingkatkan jadi 20 juta pada tahun 2019,” kata Luhut. (EKA)

jktproperty.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me