Pengerjaan Konstruksi Besar Jembatan Cisomang Dimulai Pekan Ini

Big Banner

JAKARTA, KOMPAS.com – Demi merealisasikan target tiga bulan penyelesaian perbaikan Jembatan Cisomang, PT Jasa Marga Persero (Tbk) siap melakukan pekerjaan konstruksi besar pada pekan ini.

Sampai saat ini, Jasa Marga mengaku telah melakukan berbagai macam penanganan darurat seperti grouting atau penggalian tanah pada pilar A1, P0, P1, P2, dan P5.

Kemudian juga melakukan persiapan pekerjaan wrapping dengan pemasangan Fiber Reinforced Polymer (FRP) pada pilar P1 dan P2.

“Pengerjaan besar minggu ini siap dilakukan seperti pemasangan boredpile atau tiang bor untuk memperkuat pilar yang kemarin bergeser 53 sentimeter,” kata Vice President Maintenance Jasa Marga Reza Febriano, dalam jumpa pers di Jakarta, Kamis (12/1/2017).

Selain bored pile, pengerjaan berat lainnya adalah strutting baja dalam proses cutting serta pengelasan material H-Beam yang diikuti penggalian tanah di sekitar pilar P2 dan P3.

Kemudian ada pula pengerjaan unloading atau pemotongan lereng di sekitar batasan A1 hingga pilar P1 yang diikuti juga persiapan pekerjaan ground anchor pada pilar P0.

“Untuk saat ini, penanganan darurat di Jembatan Cisomang Cipularang kurang lebih baru 10 persen karena memang baru pengerjaan awal yang baru grouting saja,” tutup Reza.

properti.kompas.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me