Inilah Alasan Pasar Hotel di Bali Tetap Butuh Tambahan Ribuan Kamar

Big Banner
Ilustrasi. Foto: Rumh123/iStock

Di tengah persaingan hotel-hotel di Bali, satu hotel ternama membuat strategi untuk bertahan dalam persaingan pasar. Pada 2016, dari total delapan hotel ternama, mulai dari bintang 3-5, tercatat ada 1.425 kamar.

Dua hotel ternama telah beroperasi lebih dari 20 tahun, sedangkan hotel-hotel di Bali mayoritas beroperasi sepuluh tahun. Terpisah dari namanya, sepanjang 2016 ada 18 hotel baru beroperasi yang terdiri atas 2.665 kamar.

Hotel baru tersebut kebanyakan berstatus bintang empat dengan jumlah kamar 1.279 unit. Berdasarkan riset yang dipaparkan Colliers Internasional Indonesia, pasar hotel di Bali mengharap tambahan kamar sebanyak 8.134 tahun ini.

Baca juga: Mau Tahu Destinasi Wisata Belanja dan Hiburan Kelas Dunia di Tiongkok?

Penyediaan kamar tambahan akan didominasi hotel bintang empat dengan total 4.604 kamar. Diikuti hotel bintang lima dengan jumlah 2.959 kamar dan bintang tiga 571 kamar.

Para pengusaha perhotelan berharap penambahan kamar pada tahun ini, karena jumlah wisatawan yang datang ke Bali diprediksi meningkat. Pada saat yang sama, pasokan hotel baru akan meningkat signifkan.

Baca juga: Starlet Hotel Serpong, Tanpa Kunci dan Bisa Ckeck-in Mandiri

Apabila lonjakan permintaan akan hunian kamar hotel meningkat akan berdampak pada harga yang relatif naik. Maka dari itu, harus diantisipasi dengan tindakan eksternal dan kebijakan pendukung otoritas.

Hingga Oktober 2016, jumlah turis di Bali tercatat ada sebesar 4 juta lebih melalui kedatangan di Bandara Ngurah Rai International. Sedangkan pemerintah menargetkan 4,4 juta pendatang di Bali saat 2016. Bali termasuk 10 prioritas destinasi wisata para turis. (Wit)

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me