Perbaikan Jembatan Cisomang Selesai Maret 2017

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menpupera) Basuki Hadimuljono menjanjikan perbaikan Jembatan Cisomang jalan tol Purwakarta-Bandung-Cileunyi (Purbaleunyi) di Km 100+700 akan selesai pada akhir Maret 2017. Sejak 23 Desember 2016 telah dilakukan pembatasan kendaraan yang bertonase besar mengingat pondasi jembatan ini yang bergeser.

Perbaikan Jembatan Cisomang

Perbaikan Jembatan Cisomang

“Masa perbaikan jembatan ini tiga bulan, sekarang lagi persiapan untuk penanganan konstruksi bore pile sebanyak 50 buah. Nanti antarpilar jembatan juga akan diikat dengan kolom baja (strutting) dan dikuatkan lagi dengan fiber reinforced polymer (FRP),” ujar Basuki saat meninjau proses perbaikan jembatan ini, Jumat (13/1).

Terkait dengan pergerakan tanah yang mengakibatkan jembatan ini bergeser dan amblas, Basuki menyebut masih dalam tataran aman dan untuk itu terus dilakukan monitoring dengan robotic total station selama 24 jam. Terlebih lagi saat curah hujan yang tinggi yang membuat debit air meningkat dan akan memberikan pengaruh lebih besar terhadap pergeseran struktur jembatan.

Perbaikan Jembatan Cisomang diperkirakan memakan biaya Rp70 miliar. Selanjutnya akan dikaji dan didorong lebih cepat untuk pembangunan akses jaringan jalan yang menghubungkan kawasan megapolitan Jabodetabek dengan kawasan sekitarnya khususnya Bandung.

“Sekarang terus diperdalam kajian untuk perbaikannya sebelum melakukan pekerjaan teknis minggu depan. Semoga target ini tidak meleset dan jembatan ini sudah bisa normal kembali pada akhir Maret selain kami juga akan dorong jalur lain dari Jakarta hingga Purwakarta dan Padalarang. Jadi nanti masyarakat punya banyak pilihan akses jalan,” imbuhnya.

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me