Pertumbuhan Lambat, Tantangan Pengembang Kian Besar

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Kalangan pengembang menyebut secara umum iklim bisnis properti pada tahun 2017 ini masih akan sama situasinya dengan tahun 2016. Hal ini dikarenakan pertumbuhan ekonomi yang sangat tipis kendati beberapa indikator pertumbuhan sudah mulai terlihat, namun persentasenya masih sangat kecil sehingga belum akan mendorong sektor properti tumbuh luar biasa seperti pada periode tahun 2012.

Yance Onggo

Yance Onggo

Bahkan menurut GM Marketing PT Ciputra Residence (Ciputra Group) Yance Onggo, industri properti tahun 2017 ini disebutnya sebagai market sudah “kenyang” karena itu produk yang diluncurkan harus menyasar segmen yang tepat. “Produk yang dipasarkan sekarang harus spesial tapi yang lebih penting lagi produk yang seperti apa? Menurut saya yang berskala township karena pengembangannya besar dan beyond, ini memberikan hope untuk market makanya akan terus dicari,” ujarnya kepada housing-estate.com di Jakarta, Rabu (11/1).

Konsumen sekarang juga sudah lebih pintar dan lebih banyak pilihan produk yang bisa dipilih sehingga mengharuskan developer kreatif dan inovatif dalam mengembangkan produknya. Situasi industri properti juga telah membuat kalangan konsumen lebih matang dan tidak bisa lagi menelan bulat-bulat apa yang ditawarkan pengembang.

Yance menyebut kesuksesan penjualan mega proyek Citra Maja Raya (2.000 ha) di Lebak, Banten, yang berhasil menjual 7.000 unit senilai Rp1,5 triliun hanya dalam waktu 11 hari sejak peluncurannya. Hal seperti ini yang difokuskan untuk pengembangan proyek Ciputra dengan mengambil opportunity yang belum ada di pasar.

“Periode tahun 2014 orang hanya melihat pertumbuhan properti itu di sebelah barat adanya di Serpong, Tangerang, timur di Bekasi-Cikarang, selatan di Bogor, tapi nyatanya masih ada wilayah lain yang belum tersentuh padahal pasarnya besar. Yang seperti ini yang kami fokuskan, jadi menetapkan diferensiasi, segmenting, dan positioning harus pas, ini yang membuat value kita menjadi lebih dan terbukti di Citra Maja Raya,” pungkasnya.

housing-estate.com