Tips Cara Cermat Memilih Konsultan Properti

Big Banner

Majalah Properti Indonesia (MPI) edisi Janurai 2017, menurunkan laporan utama tentang geliat bisnis properti konsultan. Di antaranya tentang tips dan panduan dalam memilih konsultan properti.

Disebutkan, konsultan adalah seorang profesional yang mempunyai keahlian tertentu, seperti keahlian di bidang manajemen, manajemen bisnis, manajemen keuangan, akutansi, pemasaran, HR/ SDM, pajak, termasuk yang berhubungan dengan bisnis properti.

Pekerjaan konsultan sebagian besar memberikan nasihat, bimbingan dan arah an secara profesional kepada pelaku usaha / bisnis, perusahaan, organisasi, dan lain sebagainya. Perkembangan dunia usaha yang pesat seperti sekarang mendorong banyak perusahaan, organisasi yang membutuhkan jasa Konsultan dan tentunya hal ini mendorong banyaknya pula bermunculan jasa konsultan yang tentunya membuat pelaku usaha sangat leluasa dalam memilihnya.

Namun, jika tidak berhati-hati dalam memilih konsultan, bukan hasil yang baik yang akan didapatkan, namun kekecewaan. Oleh karenanya sebelum memilih jasa konsultan sebaiknya perlu memerhatikan beberapa langkah berikut

Buat anggaran / budgeting

M embuat anggaran / budgeting adalah awal yang sangat penting dan wajib sebelum anda memutuskan untuk menggunakan dan memilih jasa konsultan, sehingga dalam memilih konsultan, bisa sesuai dengan budget yang dianggarkan. Karena kebanyakan orang terlalu bersemangat memakai jasa konsultan namun tidak membuat batasan anggaran untuk jasa konsultan tersebut sehingga hal ini tentu akan bisa mengganggu cashfl ow keuangan.

Pahami peran dan tugas konsultan Sebelum memilih konsultan untuk membantu anda, alangkah baiknya memahami scope pekerjaan seorang konsultan terkait peran tugas dan tanggung jawab nya nanti. Kejelasan scope pekerjaan yang akan anda limpahkan kepada konsultan harus jelas dan terukur sehingga tidak terjadi kesalahpahaman atau saling menyalahkan dan saling melempar tanggung jawab.

Mencari Referensi

Banyaknya jasa konsultan terkadang membuat bingung, mana konsultan bisnis yang benar-benar profesional, berkompeten dan berpengalaman yang harus dipilih. Oleh karenanya sebelum menunjuk atau menentukan konsultan, alangkah baiknya bertanya terlebih dahulu kepada kawan atau mitra kerja yang sudah pernah memakai jasa konsultan, pelajari dan lihat apakah kinerja konsultan tersebut bagus atau tidak.

Pilih Konsultan yang ahli, kompeten, profesional dan berpengalaman.

Dalam memilih konsultan, lihat terlebih dahulu background para tenaga ahli konsultan, apakah memiliki kompetensi yang sesuai dengan bidang yang anda jalani atau tidak, karena biarpun Konsultan tersebut berpengalaman, namun tidak sesuai bidang yang anda jalani ini akan mempunyai resiko kegagalan yang besar.

Jika back ground konsultan tersebut sesuai, kemudian lihat pekerjaan yang pernah dia lakukan, bisa dipertimbangkan untuk dipilih jika konsultan tersebut pernah melakukan pekerjaan lebih dari 2 bidang yang sesuai dengan bidang usaha anda. Mempresentasikan teknis, metode dan langkah dalam melakukan pekerjaan

Setelah mendapatkan konsultan yang kiranya sesuai dengan kriteria, mintalah kepada konsultan tersebut untuk mempresentasikan teknis dan metode pelaksanaan pekerjannya supaya ada kejelasan batasan dan scope pekerjaan yang akan dilakukan sehingga tidak ada misskomunikasi dikemudian hari.

Pilih Konsultan yang mempunyai Legalitas Jelas

Maksud yang legalitas disini ada lah Konsultan yang bernaung di perusahaan yang legalitasnya lengkap, ini lebih untuk memastikan tanggungjawab seorang konsultan, ketika dikemudian hari ada hal-hal yang tidak diinginkan dengan kon sultan tersebut anda bisa minta per tanggungjawaban kepada perusa haan yang konsultan naungi.

Harga dan Service

Harga harus bawa rupa, artinya harga yang akan anda bayarkan kepada konsultan harus sesuai dengan hasil yang anda dapatkan. Jika anda sudah membuat anggaran / budget untuk jasa konsultan, kami sarankan jangan hanya berpatokan harga yang murah saja namun kedepankan nilai tanggunjawab, profesional dan kinerja konsultan tersebut serta service yang diberikan.

Namun jika perusahaan anda skala kecil tentu pilihlah konsultan manajemen bisnis yang tarifnya bisa
terjangkau sesuai dengan budget.

Aftersales Service / purna jual

Konsultan manajemen bisnis yang bertangung jawab dan profesional pasti akan memberikan layanan purna jual sebagai bentuk tanggung jawab konsultan terhadap pengaruh kinerja yang sudah dilakukannya. Purna jual ini bisa dalam bentuk monitoring berkala ataupun audit. Riz/Groedu

Versi digital MPI dapat diakses melalui: https://www.getscoop.com/id/majalah/properti-indonesia lebih praktis dan lebih ekonomis.

mpi-update.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me