Lumbung Gandum Beralih Fungsi Menjadi Rumah Tinggal, Kenapa Ga Bisa?

Big Banner
Rumah yang Didesain oleh MW Works (Rumah123/Dezeen)

Bangunan ini awalnya adalah lumbung atau gudang penyimpanan gandum yang dibangun pada awal 1900-an atau awal abad ke-20.

Lumbung tua ini pun kemudian direnovasi total dan beralih fungsi menjadi rumah tinggal. Nah, jadilah sebuah rumah bergaya rustic yang berada di negara bagian Washington, Amerika Serikat.

Baca juga: Yuk, Maksimalkan Sudut Ruangan Menjadi Ruang Kerja

Biro arsitek MW Works yang didirikan oleh Steve Mongillo dan Eric Walter merancang perombakan total ini. MW Works berkantor pusat di Seattle, Amerika Serikat.

MW Works merenovasi bangunan lumbung ini menjadi lebih modern dan bisa disulap menjadi rumah tinggal dengan tiga kamar. Rumah ini pun diberi nama Canyon Barn.

Baca juga: Jangan Abaikan Penataan Cahaya di Ruang Sirkulasi Lho!

Rumah ini memiliki dua lantai dengan tiga kamar tidur, ruang keluarga, ruang makan, dapur, gudang,  ruang bermain anak, dan ruang serba guna.

MW Works mempertahankan sebagian besar material yang tersisa dari lumbung gandum yang memiliki luas 360 meter persegi. Beberapa material digunakan kembali pada bagian lain rumah.

Baca juga: Anak Tangga Menjadi Tempat Penyimpanan? Bisa Kok!

Lantaran bangunan ini awalnya gudang maka MW Works harus menambahkan sejumlah bukaan seperti jendela dan pintu berukuran besar agar cahaya matahari bisa masuk dengan mudah. Skylight juga ditambahkan pada bagian atap.

Sementara itu, ada beberapa partisi dari kayu yang berwarna terang diaplikasikan pada dinding rumah yang terbuat dari kayu lama yang sudah berwarna gelap.

Baca juga: Hmm, Pilih Material Kayu Apa Ya untuk Pagar?

“Ya, ada percampuran dari mempertahankan dan membuat baru, proyek ini seperti meremajakan lumbung tua tetapi tanpa kehilangan kenangan sejarah,” ujar tim dari MW Works seperti dikutip oleh Dezeen.

“Bangunan ini direstorasi dengan tujuan menciptakan rumah baru yang nyaman dengan mempertahankan bentuk asli, karakter, dan sejarah,” lanjut tim dari MW Works.

Baca juga: Cara Gampang Bikin Rumah Jadi Terang, Pasang Apa Ya?

Mungkin kalau lumbung di Indonesia memang tidak sebesar ini ya. Tetapi mungkin saja rumah kakek nenek bisa kamu renovasi ulang lho.

Siapa tahu ide untuk mempertahankan rumah lama ini bisa memberikan inspirasi yang sama untuk kamu. Rumah jadul tidak perlu dirobohkan lho, pertahankan saja. Kalau ada perubahan, lakukan seperlunya.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me