Tiongkok Memang Jagonya Membangun Jembatan, Luar Biasa!

Big Banner
Jembatan Beipanjiang (Rumah123/Dezeen)

Jembatan Beipanjiang di Tiongkok resmi beroperasi pada akhir Desember 2016. Jembatan ini memiliki bentang panjang sekitar 1.341 meter dan terdiri dari empat lajur jalan.

Yang mencengangkan adalah jembatan ini berada di ketinggian 564 meter! Jembatan ini pun menjadi jembatan suspensi tertinggi di dunia.

Baca juga: Inilah Hotel Mikro Pertama di AS, Luas Kamar Hanya 15 Meter Persegi!

Jembatan Beipanjiang mengalahkan Jembatan Sidu River Bridge yang berada 500 meter di atas aliran Sungai Sidu, Propinsi Hubei, Tiongkok.

Jembatan Beipanjiang ini didesain oleh para insinyur Tiongkok yang memang dikenal banyak mendesain jembatan besar dan panjang.

Baca juga: Keren Banget, Guangzhou Twin Tower Akhirnya Lengkap!

Jembatan Beipanjiang ini melintasi Sungai Beipan yang menghubungkan dua propinsi, Guizhou dan Yunnan.

Pembangunan jembatan suspensi ini dimulai pada 2013 silam dan berhasil diselesaikan pada September 2016. Biaya pembangunan jembatan ini mencapai US 144 juta dollar (Rp 1,9 triliun).

Baca juga: Hmm, Mau Tahu Arsitek yang Piawai Mendesain Stasiun dan Jaringan Kereta?

Jembatan Beipanjiang dibangun untuk memangkas waktu perjalanan dari Guizhou dan Yunnan, begitu juga sebaliknya. Dari sebelumnya lima jam menjadi dua jam saja.

Pada 2016 lalu, Tiongkok memiliki beberapa jembatan baru yang menjadi perbincangan. Sebelumnya, ada Jembatan Kaca Zhangjiajie di Zhangjiajie yang diresmikan pada Agustus 2016.

Baca juga: Hotel Rancangan Oscar Niemeyer Akhirnya Dibuka Setelah Tutup 22 Tahun

Jembatan kaca ini menjadi yang terpanjang dan tertinggi di dunia. Panjangnya mencapai 430 meter dengan lebar 6 meter dan berada di ketinggian 300 meter.

Jembatan Kaca Zhangjiajie ini menghubungkan dua tebing pegunungan di Taman Nasional Zhangjiajie, Propinsi Hunan.

Baca juga: Wow, Biro Arsitek KPF Punya Sederetan Proyek Raksasa di Seluruh Dunia

Jembatan ini didesain oleh arsitek asal Israel, Haim Dotan. Jembatan ini dirancang bisa menampung 800 orang pada saat bersamaan. Tebal kaca pada jembatan ini adalah lima cm.

Jembatan lainnya yang diresmikan lainnya pada 2016 tepatnya Oktober adalah Jembatan Lucky Knot yang didesain oleh biro arsitek Belanda, NEXT Architects.

Baca juga: Pindah Kota, Oakland Raiders Bangun Stadion Super Keren!

Jembatan yang berada di kota Changsa ini hanya memiliki bentang panjang 185 meter dan berada di ketinggian 24 meter.

Namun, jembatan Lucky Knot ini memang unik karena bentuknya yang melengkung, warnanya yang merah, dan diperuntukkan bagi pejalan kaki.

Baca juga: Rumah Masa Kecil Presiden AS Donald Trump Dijual, Lho!

Jangan lupakan juga jembatan di atas laut terpanjang di dunia yang diresmikan pada 2011 silam yaitu Jembatan Teluk Jiaozhou.

Jembatan ini menghubungkan tiga tempat di propinsi Shangdong dengan panjang mencapai 41,58 km! Kalau dari udara jembatan ini berbentuk seperti huruf T.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me