Imlek Tiba, Ini Loh Dekorasinya untuk Rumah!

Big Banner
Foto: Rumah123/iStock

Imlek tahun ini jatuh pada 28 Januari. Dikutip dari China Highlight, di Negeri Ginseng tersebut mereka biasa mulai mendekorasi rumah 10 hari sebelum Hari H.

Secara umum, dekorasi Imlek ga jauh-jauh dari warna merah dan warna emas. Tambahannya, stiker gambar ayam bakal muncul dalam dekorasi, karena Imlek tahun ini merupakan Tahun Ayam Api.

Tahun Baru Imlek kali ini merupakan pergantian dari Tahun Monyet Api menjadi Tahun Ayam Api.

Apa saja aksesori untuk mendekorasi suasana Imlek?

Lentera Merah

Lentera merah dianggap membawa keberuntungan. Lentera ini sering digunakan pada Festival Musim Semi (Tahun Baru China untuk Festival Lentera) dan Festival Pertengahan Musim Gugur.

Selama Imlek ga jarang kan kamu melihat lentera tergantung di pohon, jalan-jalan, gedung perkantoran, dan pintu rumah. Menggantung lentera merah depan pintu diyakini dapat mengusir nasib buruk.

Baca juga: Punya Waktu Senggang? Kenapa Ga Dekorasi Rumah Aja? 

Door Couplet atau (对联 duìlián /dway-lyen) New Year Couplets

Di China, biasa depan pintu terpasang sebuah kaligrafi huruf Mandarin. Kaligrafi ini dituliskan menggunakan tinta hitam dan digores pada selembar kertas merah panjang.

Biasanya kaligrafi tersebut bertuliskan harapan Imlek nanti. Ga jauh-jauh sih dari ingin keberuntungan, kemakmuran, kebahagiaan, dan keamanan.

Guntingan Kertas Kaligrafi China

Biasanya di jendela-jendela pertokoan bisa kita jumpai sebuah guntingan kertas merah membentuk sebuah kalimat China yang menempel. Bagi orang Tionghoa, dipercaya dapat membawa kebahagiaan.

Hal tersebut merupakan adat bagi orang-orang di Utara dan tengah China untuk menyisipkan potongan kertas merah di pintu dan jendela.

Baca juga: Anak Tangga Menjadi Tempat Penyimpanan? Bisa Kok! 

Lukisan Tahun Baru – Simbol Salam Tahun Baru

Tahun baru lukisan (年画 Nianhua / nyen-hwaa) yang disisipkan di pintu dan dinding menunjukkan simbol Tahun Baru Imlek. Biasanya lukisan yang dipasang adalah seorang tokoh legendaris yang membawa keberuntungan dan tanaman.

Pohon Kumquat

Pohon ini boleh kita sebut sebagai jeruk China. Nagami Kumquat jika diletakkan di rumah melambangkan keinginan untuk kekayaan dan keberuntungan.

Pohon ini jadi ciri khas selama liburan Tahun Baru China. Terutama di daerah yang berbahasa Kanton China Selatan, yakni Hong Kong, Macau, Guangdong. (Wit)

  

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me