Menteri Susi Buka Kesempatan Investor Kelola Pulau Tak Berpenghuni

Big Banner

JAKARTA – Beredar isu bahwa pemerintah mempersilakan Jepang mengelola dan menamai Pulau Morotai di Sulawesi Utara. Namun ternyata isu tersebut tidak benar.

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menuturkan, kerjasama dengan Jepang yang telah disepakati terkait Integrasi project perikanan dari perikanan tangkap dan budi daya, serta coldstorage.

“Belum mengarah ke pengelolaan pulau secara untuk komunitas dan lain-lain,” singkat Susi di ruang rapat Komisi IV DPR, Jakarta, Selasa (17/1/2017).

Susi mengatakan, pemerintah memang membuka kesempatan untuk investor dalam negeri atau luar negeri dalam hal pembangunan pemberdayaan pulau-pulau terutama yang tidak berpenghuni. Akan tetapi ada persyaratan yang ditentukan pemerintah.

Misalnya, wilayah pulau yang boleh dikelola itu hanya 70%, 30% itu tetap milik negara. Dari 70% itu, 30% harus dialokasikan untuk kepentingan penghijauan atau lahan hijau dan lahan publik. “Kemudian memastikan akses publik tetap ada dan tidak boleh ada eksplusifitas,”ujarnya.

Sekedar informasi, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan menyatakan, mempersilahkan Jepang mengelola dan menamai pulau di Indonesia jika ingin menggunakannya untuk investasi. Luhut menyebut, Jepang bahkan berminat untuk menjadikan Pulau Morotai di Sulawesi Utara, sebagai salah satu wilayah sasaran rencana tersebut.

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me