Proyek Rp6 Triliun Diteken Kemenpupera

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) mempercepat pekerjaan proyek di lingkup departemennya.  Kemarin (17/1) telah dilakukan penandatanganan kontrak untuk 925 paket pekerjaan senilai Rp6,43 triliun. Dengan penandatanganan ini ratusan paket pekerjaan tersebut bisa langsung dikerjakan.

Basuki Hadimuljono, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menpupera)

Basuki Hadimuljono, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menpupera)

“Kontrak kerja ini dari seluruh unit organisasi Kemenpupera yang tersebar di 34 provinsi yang proses lelangnya sudah dilakukan sejak Oktober tahun lalu. Kontraknya mencakup pekerjaan pembangunan jalan, preservasi jalan, pembangunan jembatan, rumah susun, rumah khusus, jaringan air minum, irigasi, dan beberapa lainnya,” ujar Menpupara Basuki Hadimuljono saat penandatanganan kontrak di Kantor Kemenpupera Jakarta, Rabu (18/1).

Targetnya hingga akhir Maret 2017 sudah dapat dilakukan pelelangan kontrak kerja yang mencapai 10.403 pekerjaan dengan nilai Rp69,61 triliun. Basuki optimistis proses lelang maupun paket pekerjaa dini yang akan dilaksanakan bisa lebih baik dibandingkan tahun lalu. Pada akhir Januari ini rencananya dilakukan penandatanganan kontrak untuk 1.523 pekerjaan senilai Rp11,58 triliun. Selain itu tender proyek-proyek infrastruktur tahun ini mulai banyak banyak dimenangkan kontraktor lokal. Kapasitas kontraktor lokal diharapkan semakin baik agar pengaruhnya  lebih positif terhadap perekonomian lokal.

Pagu anggaran Kemenpupera tahun 2017 sebesar Rp101,5 triliun ditambah 497 paket pekerjaan senilai Rp22,1 triliun dari kontrak tahun jamak (multiyears contract). Targetnya hingga akhir tahun 2017 bisa dilaksanakan 2.020 paket pekerjaan. “Kontrak pekerjaan ini akan menyerap tenaga kerja, meningkatkan pemerataan pembangunan, menopang pertumbuhan ekonomi, dan multiplayer effect lainnya,” imbuhnya.

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me