JK Apresiasi Pembangunan Rusun di Kota Kecil

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) memuji pembangunan dan dioperasikannya rumah susun (rusun) untuk Pesantren Darul Hikmah dan Masjid Agung Ar Ridwan di Kompleks Pondok Pesantren Modern Darul Hikmah, Tulungangung, Jawa Timur. JK menyebut pembangunan rusun seperti ini sangat baik untuk menjadi tempat hunian yang nyaman.

peresmian rusun Darul Hikmah Tulungagung

peresmian rusun Darul Hikmah Tulungagung

“Saya sangat puas dengan pembangunan rusun ini dan yang seperti ini supaya bisa jadi contoh pembangunan di tempat lainnya. Kemudian kalau sudah jadi seperti ini yang penting juga adalah harus dirawat sehingga bisa tetap optimal fungsinya dan menambah semangat seluruh penghuninya,” ujarnya saat acara peresmian rusun di Tulungagung, Senin (16/1).Rusun Darul Hikmah merupakan rusun khusus untuk para santri putri yang dibangun 3 lantai (1.889 m2) di atas lahan seluas 2.926 m2. Rusun ini dibangun dengan dana APBN sebesar Rp8,5 miliar yang pembangunannya dimulai sejak Maret 2016 dan telah selesai pada Desember 2016 sebelum diresmikan oleh JK.

Setiap lantai mencakup 2 tipe barak kecil dan 2 tipe barak besar yang dapat menampung 72 orang per lantai. Seluruh unitnya juga sudah dilengkapi dengan kamar mandi, tempat tidur, lemari, meja, dan kursi untuk memaksimalkan proses belajar dan istirahat para santri.

Dirjen Penyediaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) Syarif Burhanuddin menambahkan, sepanjang tahun 2016 lalu Kemenpupera telah membangun sebanyak 7.860 unit rusun di berbagai kota.  “Ini merupakan bagian dari program pembangunan sejuta rumah yang dikerjakan oleh pemerintah. Tahun lalu realisasi program sejuta rumah mencapai 805.169 unit, tahun ini akan kita dorong supaya bisa mencapai 1 juta unit termasuk terus memperbanyak pembangunan rusun untuk kalangan PNS, TNI-Polri, buruh, pesantren, dan lainnya,” imbuhnya.

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me