Legal Review Bisnis Properti Indonesia 2016 (Bag. 5)

Big Banner

Majalah Properti Indonesia edisi Januari 2017 menurunkan tulisan Erwin Kallo, dari Property Lawyer Founder dan Managing Partner Erwin Kallo & Co. Berikut disajikan secara berambung:

Juni
Kasus Sumber Waras

Kasus properti yang juga “nyerempet” masalah korupsi dan politik adalah pembelian lahan Rumah Sakit Sumber Waras di Jakarta Barat oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sempat menyatakan tidak menemukan tindak pidana korupsi dalam pembelian lahan RS Sumber Waras di Jakarta seluas 3,64 hektare.

Hingga sekarang, kasus ini belum ditutup, dan di bulan Oktober 2016 KPK menyatakan merencanakan pertemuan dengan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) pekan depan terkait adanya fakta dan data baru Rumah Sakit Sumber Waras.

KPK menegaskan jika perkara RS Sumber Waras hingga kini masih berjalan dan dalam proses pengumpulan data dan fakta baru. Permasalahan utama kasus Sumber Waras sebenarnya hanya satu, selain masalah prosedur pembeliannya, yaitu perbedaan NJOP (Nilai Jual Obyek Pajak) antara Gubernur DKI Jakarta dan BPK.

Di mana Gubernur DKI Jakarta membeli tanah tersebut sesuai NJOP di Jalan Kiai Tapa sebagaimana tercantum dalam sertifikat tanah tersebut. Sedangkan BPK menilai berdasarkan NJOPdi Jalan Tomang Utara, sebagaimana tata letak bidang tanah tersebut secara fisik.

Menurut kami, jika terdapat perbedaan antara administrasi (alamat pada sertifikat) dengan tata letak bidang tanah secara fisik, maka yang akan dipakai adalah tata letak bidang tanah tersebut (NJOP Tomang Utara). Karena tidak mungkin fisik menyesuaikan administrasi, justru fungsi administrasilah yang menerangkan keberadaan fisik.

Selain itu pula kasus Sumber waras merupakan kasus pidana, khusus dimana pembuktian dalam kasus-kasus pidana yang digunakan adalah bukti materil (letak fisik) ,bukan bukti bukti formil
(administrasi). Dengan demikian, kami berkeyaninan kasus Sumber Waras sangat beraroma politis dibanding yuridis. Versi digital MPI dapat diakses melalui: https://www.getscoop.com/id/majalah/properti-indonesia lebih praktis dan lebih ekonomis.

mpi-update.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me