Legal Review Bisnis Properti Indonesia 2016 (Bag. 3)

Big Banner

Majalah Properti Indonesia edisi Januari 2017 menurunkan tulisan Erwin Kallo, dari Property Lawyer Founder dan Managing Partner Erwin Kallo & Co. Berikut disajikan secara berambung:

Maret
Kasus Pengembang Nakal

Lama tak terdengar, kasus dengan istilah “Pengembang Nakal” kembali marak dibicarakan di kalangan pemangku kepentingan properti di Indonesia. Kasus pengembang nakal tidak hanya merugikan konsumen, tetapi juga mencoreng nama pengembang secara keseluruhan.

Di awal tahun 2016, setidaknya terdapat tiga pengembang yang diduga melakukan praktik-praktik merugikan konsumen. Mereka adalah PT Majestic Land yang menghentikan pembangunan apartemennya di Yogyakarta, PT Nusuno Karya diduga menyalahgunakan sertifikat perumahan Violet Garden, Kranji, Bekasi, PT Mitra Safir Sejahtera yang mengembangkan apartemen Kemanggisan Residence yang kemudian pailit.

Pemerintah melalui Dirjen Pembiayaan Perumahan, Kementerian Pekerja Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Maurin Sitorus mengatakan seharusnya asosiasi pengembang (REI) bisa membina para pengembang. Sementara Wakil Ketua Umum Bidang Hubungan Luar Negeri REI Meiko Handoyo mengatakan, pengembang-pengembang nakal tersebut bukan anggota REI.

Melihat kejadian tersebut adalah benar kontrol terhadap pengembang seyogyanya dilakukan oleh asosiasi pe ngembang itu sendiri (REI). Namun bagaimana mungkin REI dapat mengontrol dan membina pengembang yang bukan anggotanya oleh karena itu solusinya adalah jika pemerintah mengharapkan asosiasi (REI) dapat membina, mengontrol, bahkan bertanggung jawab atas pengembang pengembang nakal yang merugikan masyarakat konsumen properti, maka konsekuensinya adalah pemerintah (pusat dan daerah) tidak memberikan ijin apapun kepada pengembang yang bukan anggota asosiasi (REI) dengan demikian pemerintah dapat menuntut/ mengontrol asosiasi dan asosiasi mengontrol anggotanya.
Versi digital MPI dapat diakses melalui: https://www.getscoop.com/id/majalah/properti-indonesia lebih praktis dan lebih ekonomis.

mpi-update.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me