Malaysia Batal Ikut Kembangkan Kawasan Maja

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Tanggal 17 Januari 2017, Bursa Malaysia merilis pemberitahuan dari SP Setia Sdn Bhd bahwa perusahaan terbuka di Malaysia ini mengakhiri kerjasamanya dengan PT Hanson International Tbk (Hanson Land). Kerja sama itu memang belum berjalan, tapi masih berbentuk memorandum of understanding (MOU) yang sudah ditandatangani di sela perhelatan World Islamic Economic Forum (WIEF) yang digelar awal Agustus 2016 di Jakarta.

online-0118-setia

Dalam MOU itu, Setia dan Hanson Land, serta Sime Darby Berhard dan I&P Group Sdn., bersepakat mendirikan perusahaan patungan untuk mengembangkan proyek di Maja, Lebak – Banten. Proyek di lahan seluas 500 ha itu diperkirakan bernilai Rp11,2 triliun. Proyek ini menjadi bagian dari pengembangan Kota Baru Maja yang dirancang untuk kalangan menengah ke bawah. Seperti yang pernah housing-estate.com sampaikan, pada perusahaan patungan tersebut, ketiga pengembang asal negeri jiran itu masing-masing berkontribusi 20 persen, sementara Hanson menguasai saham 40 persen.

Pada pengumuman resmi tersebut, tidak dijelaskan alasan Setia, Sime Darby dan I&P mengakhiri kerjasama. Kesepakatan ini sudah berakhir pada 2 Maret 2017, setelah diperpanjang dari tanggal kedaluwarsa sebelumnya, 2 November 2016.

Di Indonesia nama HansonLand dikenal sebagai salah satu pengembang properti dengan landbank terbesar. Cadangan lahannya di Maja saja mencapai 3.000 ha. Itu di luar lahan lainnya yang sudah dikerjasamakan, yaitu dengan Ciputra Group untuk membangun CitraMaja Raya (2.000 ha). Di wilayah “tetangga” Maja, Parung Panjang (Kabupaten Bogor) Hanson juga memiliki landbank seluas 1.000 ha yang akan disulap menjadi Millenium City bersama dengan Pelican Group milik pengusaha Tan Kian.

SP Setia termasuk salah satu pengembang properti ternama di Malaysia. Proyeknya tidak saja di Malaysia, juga di Singapura, Ho Chi Minh City (Vietnam), Melbourne (Australia) dan London (Inggris). Dalam strategi bisnisnya, pada tahun lalu Setia  fokus pada pembangunan rumah harga terjangkau dan kelas menengah.

Sumber: The Star, Bursa Malaysia & SP Setia

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me