Akhir Tahun Ini Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi Sudah Bisa Dilintasi

Big Banner

JAKARTA, KOMPAS.com – Pembangunan Jaringan Tol Trans Sumatera Ruas Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi terus dikebut mengingat jadwal pengoperasiannya tahun ini.

Hingga saat ini, proses pembebasan lahannya telah mendekati rampung yang ditandai dengan perkembangan konstruksi yang sudah lebih dari separuhnya.

“Progres pemebasan tanah saat ini sudah sebesar 86 persen, sementara progres fisiknya memasuki 51 persen dan rencana operasi tetap pada akhir tahun 2017,” kata Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Arie Setiadi Moerwanto, kepada Kompas.com, Rabu (18/1/2017).

Ruas tol ini terdiri dari lima seksi dengan seksi I dibangun pemerintah sedangkan empat lainnya menjadi tanggung jawab Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Jasamarga Kualanamu Toll.

Adapun total investasi yang dibutuhkan untuk membangun ruas tol ini adalah Rp 4,072 triliun dengan biaya tanah Rp 441 miliar dan biaya konstruksi sebesar Rp 1,759 triliun.

Selain ruas tersebut, beberapa ruas lainnya di Trans Sumatera seperti Medan-Binjai sepanjang 10,46 kilometer, Bakauheni-Terbanggi Besar sepanjang 13,93 kilometer, dan Palembang-Simpang Indralaya sepanjang 17,03 kilometer siap dioperasikan tahun ini.

Baca: Ini Ruas Tol Trans Sumatera yang Beroperasi 2017

properti.kompas.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me