Apa Aja Sih Tradisi Perayaan Imlek? Yuk, Cari Tau

Big Banner
Ilustrasi (Rumah123/iStockphoto)

Sebentar lagi masyarakat Tiongkok atau keturunan Tionghoa akan merayakan Tahun Baru Imlek pada 28 Januari nanti. Tahun Baru Imlek atau istilah lainnya Festival Musim Semi, tak luput dari hiasan berwarna merah yang dipadukan warna keemasan.

Selain hiasan dekorasi kedua warna tersebut, masih ada yang harus diketahui tentang Imlek lho. Tahun Baru Imlek pada 2017 ini merupakan tahun ayam. Menurut kepercayaan, orang yang lahir pada tahun ayam akan bernasib kurang baik, katanya sih.

Berdasarkan Tionghoa.info, merayakan Imlek sama saja merayakan hasil kerja keras selama setahun. Ketika menuai hasil kerja keras, maka saat itulah waktunya untuk bersantai, sekaligus pengharapan agar selalu mendapat keberuntungan dan kesejahteraan pada tahun-tahun berikutnya.

Baca juga: Imlek di Hotel Fairmont, Mau?

Perayaan Tahun Baru Imlek saat ini menjadi awal yang baik untuk berbisnis dan berharap memperoleh keuntungan serta kesuksesan dalam berbagai sektor. Hiasan Imlek tahun ini tak luput dari gambar atau lukisan ayam. Dan semua ini bakal kita jumpai di pusat perbelanjaan dan kawasan Pecinan.

Nah, kalau dengar kata Imlek, perayaannya tak jauh-jauh dari atraksi barongsai dan tarian naga. Masyarakat Tionghoa akan pergi ke kelenteng untuk berdoa sekaligus menyembah para leluhur. Dan  sebelum perayaan, para pengurus kelenteng akan membersihkannya sebelum masyarakat Tionghoa bersembahyang.

Baca juga: Imlek Tiba, Ini Loh Dekorasinya untuk Rumah!

Berbagai macam hasil produk tradisional dan makanan ringan seperti kue keranjang bakal ditemukan saat Imlek saja loh. Festival lampion juga pasti akan dilangsungkan pada malam tahun baru.

Angpau, siapa sih yang tidak tahu dengan ini? Biasanya tradisi pemberian angpau diberikan kepada yang belum menikah atau karyawan. Dan orang yang memberikan angpau syaratnya harus sudah menikah. Pemberian angpau tersebut disimbolkan agar si pemberi mendapat keuntungan dari si penerima.

 

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me