Bandara Sheremetyevo Representasikan Kekuatan Karya Seni Rusia, Luar Biasa!

Big Banner
Bandara Shemeretyevo (Rumah123/Dezeen)

Jelang perhelatan Piala Dunia 2018 Rusia, bandara Udara Sheremetyevo akan memiliki wajah baru setelah Terminal B bakal dirombak total.

Bandara ini terletak di bagian Utara ibu kota Rusia, Moscow. Sheremetyevo adalah bandara tersibuk di Rusia dengan lalu lintas penumpang dan kargo terbesar dibandingkan dengan lainnya.

Baca juga: Mau Tahu Para Pemenang AIA Honor Awards 2017? (Bagian 4)

Biro arsitek RMJM Serbia akan bekerja sama dengan tim desain interior RMJM Italia untuk menuntaskan proyek ini. RMJM sendiri berpusat di London, Inggris. RMJM memiliki sekitar 32 kantor cabang di empat benua.

Terminal B yang baru ini berada di kompleks terminal utara. Di kompleks ini sudah ada Terminal C yang sudah dibangun sejak 2007. Terminal B yang akan dirombak total ini awalnya dibangun pada 1964.

Baca juga: Mau Tahu Para Pemenang AIA Honor Awards 2017? (Bagian 3)

Nantinya, terminal B yang dirombak ini akan memiliki luas total mencapai 114.000 meter persegi! Sedangkan publik area yang diperuntukkan untuk penumpang sekitar 55.850 meter persegi.

Terminal B ini akan terdiri dari tiga lantai, ruang pertemuan umum, ruang klaim bagasi, terminal keberangkatan dan kedatangan, anjungan, dan pertokoan.

Baca juga: Mau Tahu Para Pemenang AIA Honor Awards 2017? (Bagian 2)

Desain interior bandara ini akan memiliki ciri khas Rusia. RMJM mengambil ide dari tradisi, kekuatan, dan progresivitas dari aliran seni Konstruktivisme Rusia.

Ruang dan bentuk terminal B akan mengambil ide aliran seni yang berkembang dipelopori oleh Vladimir Tatlin mulai 1913 di Rusia. Bentuk-bentuk aliran ini juga terefleksi pada lantai, dinding, dan langit-langit.

Baca juga: Mau Tahu Para Pemenang AIA Honor Awards 2017? (Bagian 1)

Terminal B ini pun akan dipenuhi oleh karya-karya Vladirim Tatlin, Nahum Gabosa, Alexander Vesnina, Alexander Rodchenko, El Lissitzky, dan Liubov Popova.

“Konsep dari desain interior Terminal B Bandara Udara Sheremetyevo merepresentasikan universalitas dan karakter tanpa batas waktu dari seni, begitu juga dengan fungsi komunikatif yang punya kekuatan. Untuk memperkuat ide, kami mengintegrasikan fitur teknologi tinggi dari karya seni konstruktivisme,” ujar Jelena Kristovic Nikolic, lead architect RMJM Serbia seperti dikutip oleh Dezeen.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me