Peran Konsultan di Balik Kesuksesan Bisnis Properti

Big Banner

Majalah Properti Indonesia (MPI) edisi Januri 2017 menurunkan geliat bisnis Property consultant. Mengulas sejauh mana pengaruh dan kiprah property consultant dalam mensukseskan suatu proyek? Dijelaskan MPI bahwa bermunculan sejumlah pemain baru di kancah bisnis konsult asi properti, di mata Corporate Marketing Director, PT Intiland Development, Tbk Susan Pranata adalah suatu hal yang baik dan telah sesuai de ngan tuntutan jaman.

Hal ini dikarenakan peran sebuah konsultan properti sangat diperlukan bagi perkembangan industri properti di Indonesia, khususnya bagi pengembang pemula yang ingin terjun ke bisnis properti. “Added value konsultan itu karena mereka adalah orang-orang yang profesional di bidangnya. Nah, kalau konsultan dan developer digabungkan tentu akan menjadi lebih sempurna untuk pengembangan sebuah proyek,” ujar Susan yang lebih dari 20 tahun berkecimpung sebagai konsultan properti ini.

Meskipun, sebut Susan, tetap saja keputusan akhir ada pada pengembang karena dengan menggunakan jasa konsultan maka cost yang dikeluarkan menjadi lebih besar. PT Intiland Development, Tbk. sendiri, sebut Susan adalah salah satu pengembang yang secara konsisten menggunakan jasa konsultan untuk menangani berbagai portofolio mereka. Sebut saja, kawasan mixed use South Quarter (SQ), One Park Residence, One Park Aveneu serta Apartemen Regatta.

Sedangkan, jasa konsultasi yang digunakan mulai dari pemasaran, FS, property management hingga valuation. Menurut Susan, keputusan menggandeng konsultan properti ini telah dilakukan sejak enam tahun lalu. “Kebetulan CEO kami, Pak Hendro Gondokusumo juga sangat welcome untuk menggunakan jasa konsultan properti, makanya jarang sekali Intiland memasarkan proyek tanpa menggunakan jasa konsultan,” sebut Susan.

Untuk memilih konsultan yang ber kualifikasi, diakui Susan tidaklah mudah. Intiland sendiri memilih membentuk club bisnis bertajuk Intiland Businness Club sejak 2010 lalu. Di perkumpulan bisnis inilah Intiland mengumpulkan sejumlah konsultan properti, untuk selanjutnya dipilih sebagai partner.

“Hampir semua layanan konsultan properti digunakan oleh Intiland, mulai dari agen pemasaran, baik industrial, residensial, landed, condominium, office, property management, riset hingga membuat study kelayakan,” beber Susan.

Untuk konsultan pemasaran, misalnya. Beberapa konsultan yang kerap digandeng adalah ERA, Leads Property Service dan Century21. Sementara, untuk properti management menggandeng JLL dan Leads. Adapun, untuk study kelayakan memilih menggandeng Cushman & Wakefield. “Pada dasarnya Intiland lebih memilih konsultan properti berdasarkan kualifikasinya dan siapa di belakangnya.

Misalnya target klien yang disasar adalah perusahaan asing, maka tentu saya memilih konsultan asing pula,” terang Susan. Terkait berapa biaya yang dikeluarkan Intiland, Susan mengaku jika jumlah yang dikeluarkan bervariasi, tergantung dari lingkup pekerjaan (scope of works), dan jenis pekerjaan (jasa konsultasi) yang diberikan.

Ambil contoh, untuk jasa pemasaran, fee yang disepakati adalah sebesar 3% dari nilai penjualan, fee akan bertambah 0,5% jika konsultan tersebut terpilih sebagai kordinator. Untuk building management fee yang dibayarkan juga tergantung seberapa besar gedung yang dikelola. Sementara, untuk feasibility study (fs) mulai dari Rp100 juta hingga Rp400 juta.

CEO Leads Property Service Indonesia, Hendra Hartono menuturkan, ada tiga hal yang menjadi pertimbangan developer sehingga memilih menggunakan jasa konsultan properti, pertama, karena keterbatasan waktu sehingga memerlukan orang yang memang tahu dan ahli mengenai apa yang dibutuhkan; kedua, orang yang bisa dipercaya untuk membantu bisnis yang dijalankannya, serta ketiga, karena keterbatasan Knowledge.

“Semua orang punya knowledge, tapi tidak semua memiliki knowledge yang sangat spesifik. Tiga hal inilah yang menjadi pertimbangan mengapa konsultan properti dibutuhkan,” papar Hendra.

Versi digital MPI dapat diakses melalui: https://www.getscoop.com/id/majalah/properti-indonesia lebih praktis dan lebih ekonomis.

mpi-update.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me