Penyebab Generasi Milenial Sulit Beli Rumah

Big Banner

JAKARTA – Berdasarkan salah satu riset, generasi milenial yang bekerja dan bermukim di Jakarta, lima tahun lagi atau 2021 terancam tidak bisa membeli dan memiliki rumah. Generasi milenial yang dimaksud adalah kelahiran antara tahun 1981 hingga 1994.

Perencana Keuangan dari Kaukabus Financial Literacy Center, Kaukabus Syarqiyah mengaku tidak heran dengan riset yang menyebutkan generasi milenial tidak bisa membeli dan memiliki rumah ke dalam lima tahun lagi tersebut. Sebab, itu semua terlihat dari besarnya biaya gaya hidup yang dikeluarkan untuk generasi ini. Alhasil, mereka pun cenderung kesulitan dalam hal keinginan untuk menyicil cicilan KPR.

“Kenapa? Ada yang membahayakan dari generasi milenial ini, salah satunya biaya gaya hidupnya besar. Sehingga sulit untuk bisa menyicil,” ujarnya di Jakarta, Kamis (19/1/2017).

Menurutnya, jika generasi milenial masih saja mengutamakan gaya hidupnya ketimbang pemikiran jangka panjang dalam hal ini membeli rumah, maka generasi ini memang terancam tidak akan bisa memiliki rumah dalam kurun waktu lima tahun lagi. Sebab, mengingat harga rumah dari hari ke hari terus semakin menanjak naik.

Ditambah lagi, pendapatan atau penghasilan yang diperoleh setiap bulannya juga tidak mengalami peningkatan layaknya harga rumah.

“Sayangnya harga rumah itu bukan sama dengan inflasi, yakni kenaikan harga rumah bisa sekitar 10%. Kenaikan harga rumah atau apartemen 17-20%. Dan sayangnya pendapatan kita tidak sampai situ,” jelasnya.

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me