Hidangan untuk Imlek Ada Aturannya Loh, Hayo Kenapa?

Big Banner
Foto: Rumah123/iStock

 

Pada tahun ini, Imlek atau Sin Cia yang jatuh pada 28 Januari, pertanda pergantian dari Tahun Monyet Api ke Tahun Ayam Api.

Tahun Baru Imlek, sebagaimana hari raya lainnya, tak lepas pula dari hidangan. Sajian makanannya juga ga sembarangan loh. Mereka yang merayakan Imlek memaknai sajian juga.

Merujuk Tionghoa.Info dan National Geographic Indonesia, ada sajian khusus khas festival musim semi, istilah lain Imlek, yakni ikan. Dalam bahasa Mandarin, ikan berarti Yú. Artinya, berkelebihan.

Baca juga: Imlek di Hotel Fairmont, Mau?

Adanya menu ikan pada malam jelang Tahun Baru Imlek atau pas Hari H, akan mendatangkan banyak rezeki. Hal ini sesuai keyakinan etnis Tionghoa bahwa keberuntungan tak lepas dari menu ikan.

Akan tetapi, menyantap hidangan ikan saat Imlek juga ada aturannya loh. Tidak boleh membalik ikan hanya untuk mengambil daging bagian bawahnya. Masih ada lagi, menyantap ikan harus habis.

Baca juga: Beli Apartemen Ini Bakal Dapat Angpao Lho!

Selain ikan, kehadiran jenis makanan lain juga bisa bermakna. Kue keranjang dan jeruk pastinya jadi ciri khas camilan saat Imlek.

Mereka menyajikan makanan di atas nampan berbentuk segi enam atau bulat yang berisi buah kering, biji-bijian, kacang, dan permen.

Jangan lupa, saat Imlek etnis Tionghoa menghindari menu bubur. Kenapa? Bubur melambangkan kemiskinan. Wah, kalau penyuka bubur gima dong ya. (Wit)

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me