Fasilitas Bank Ini Dibangun dalam Hitungan Minggu

Big Banner

KOMPAS.com – Salah bank nasional di Afrika Selatan, yaitu First National Bank (FNB) meluncurkan unit mobile banking baru yang terbuat dari kontainer.

Unit ini dirancang untuk memperluas layanan perbankan bagi masyarakat pedesaan yang tak memiliki rekening bank di Afrika Selatan.

Kontainer tersebut dilengkapi dengan infrastruktur perbankan termasuk ATM, ADT dan layanan teller.

Pada awalnya, unit ini ditujukan untuk penduduk Mutale, Limpopo yang sangat miskin dan rentan terjangkit penyakit.

Meski demikian, setelah bencana alam tornado di Phumulani Mall di Tembisa, unit ini sementara akan ditempatkan di daerah tersebut untuk membantu warga mengakses layanan perbankan.

CEO FNB Points of Presence Lee-Ann van Zyl mengatakan, sebagian besar penduduk Afrika Selatan masih kekurangan akses ke fasilitas perbankan.

“Langkah pertama bagi kami adalah untuk berpikir tentang cara yang inovatif memberikan rangkaian lengkap dari fasilitas perbankan bagi masyarakat pedesaan secara nyaman,” ujar Lee Ann.

Menurut dia, unit ini dapat melayani transaksi perbankan, layanan teller, ATM dan ADT.

Dengan demikian, pelanggan dapat menyimpan cek, pembelian prabayar, membuka tabungan dan rekening investasi, serta pilihan untuk mengajukan pinjaman.

Keuntungan lainnya dari unit ini adalah karena dapat dipindahkan ke lokasi lain sewaktu-waktu.

Unit mobile ini didesain oleh A4AC, arsitek berbasis Johannesburg yang terinspirasi oleh modularitas dan transportabilitas.

Setiap modul dikerjakan secara prafabrikasi dan dikirimkan ke situs, di belakang sebuah truk flatbed.

Fondasinya diletakkan sebelum modul didatangkan. Setelah unit dikirim dan diinstal, seluruh struktur ditutupi dengan atap bergelombang.

Dibutuhkan sekitar tiga bulan untuk mengubah kontainer menjadi salah satu modul perbankan. Namun proses instalasi hanya membutuhkan beberapa minggu.

FNB mengatakan akan terus mengkaji situs tambahan di mana kemungkinan ada permintaan untuk unit mobile tersebut.

properti.kompas.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me