Mantan “CFO” Facebook Investasi di Portal Properti 99.co Indonesia

Big Banner

JAKARTA, KompasProperti – Salah pendiri, dan mantan Chief Financial Officer (CFO) Facebook, Eduardo Saverin tertarik menginvestasikan dananya di Indonesia.

Bersama dengan Darius Cheung, pemilik kekayaan 6,9 miliar dollar AS (2016) tersebut membenamkan dana senilai 2,5 juta dollar AS atau ekuivalen Rp 33,4 miliar untuk pengembangan situs jual beli properti 99.co.

Eduardo menampik menyebutkan berapa bagian sahamnya untuk membangun 99.co Indonesia.

Dia hanya mengatakan, investasi tersebut bukan soal uang, melainkan nilai tambah, pengalaman memanfaatkan platform digital dalam mencari rumah, serta pengembangan jaringan ke depan.

99.co Indonesia ini merupakan ekspansi internasional mereka perdana sejak didirikan di Singapura pada 2014 silam. 

Eduardo menjelaskan kepada KompasProperti ketertarikannya masuk pasar Indonesia. Pertama, tentu saja jumlah populasi yang mencapai 250 juta jiwa. 

“Dari total populasi tersebut, Indonesia punya 100 juta lebih pemilik akun Facebook. Ini sekaligus nomor dua terbanyak di dunia,” kata lulusan Harvard University ini, Senin (23/1/2017). 

Hal tersebut, tambah dia, adalah potensi besar untuk 99.co mengembangkan platform jual beli properti berbasis teknologi digital. 

Faktor berikutnya adalah, Indonesia merupakan negara berkembang yang terus tumbuh dengan pembangunan infrastrukturnya yang masif. 

Eduardo menuturkan 99.co menawarkan bisnis model yang efektif baik bagi pengembang, broker, maupun konsumen. 

“Mereka bisa memanfaatkan situs ini untuk mencapai tujuan-tujuannya. Konsumen dapat mencari rumah idaman, pengembang dapat menjual produknya dengan cara yang tepat dan efektif, serta broker bisa mendaftarkan listingnya,” kata Eduardo.

CEO 99.co Darius Cheung menimpali, untuk tahun perdana setelah resmi diluncurkan, target properti terjual sebanyak 20 kali lipat dari pencapaian kuartal IV-2016 yang hanya 400 unit.

“Ada dua produk sekaligus yang kami tawarkan yaitu consumer website dan aplikasi android,” kata dia.

Berbeda dengan portal jual beli rumah lainnya, 99.co hanya rumah primer langsung dari pengembang.

Hingga saat ini, menurut Country Manager 99.co Indonesia, Irvan Ariesdhana sudah ada 40 proyek dari beberapa pengembang Nasional yang pemasarannya bekerja sama dengan 99.co.

“Ke depan, kami membuka kesempatan untuk properti seken juga,” tutupnya.

properti.kompas.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me