Monokrom, Solusi Mendesain Interior yang Praktis

Big Banner

KOMPAS.com – Ketika akan mendesain ulang ruangan, biasanya pertimbangan pertama adalah warna apa yang akan digunakan. Kadang-kadang, pertimbangan ini berlangsung cukup lama.

Jika sudah menentukan satu warna saja, misalnya hijau, selanjutnya yang perlu diputuskan adalah hijau seperti apa? Karena, untuk satu warna dasar, terdapat beberapa pilihan. Belum lagi, ketika harus mendesain furnitur.

Ketika Anda sudah kehabisan akal, cobalah merancang kamar dengan palet warna monokrom.

Ini adalah cara yang sangat sederhana dan praktis untuk membawa keanggunan ke dalam interior Anda tanpa harus menyewa seorang desainer. Lagipula, warna ini semakin populer dalam desain interior.

Mengapa monokrom?

Monokrom dengan mudah menciptakan harmoni, karena ini benar-benar satu dasar untuk semua warna. Dengan memilih palet warna monokrom, Anda dapat memiliki unsur pemersatu.

“Monokrom” memiliki arti bahwa Anda mengambil satu warna dasar dan menerapkan teori warna untuk menciptakan berbagai warna dengan bermain dengan nada, dan tints yang dapat dibuat dari aslinya.

Bagi kita yang mulai bereksperimen dengan desain interior, prospek untuk menempatkan seluruh ruangan dapat menjadi sesuatu yang membingungkan.

Ada begitu banyak komponen yang berbeda untuk diperhitungkan, mulai dari furnitur, sampai penutup lantai. Monokrom akan memandu keputusan Anda, dan menarik semua bersama-sama secara mulus.

Tetapi bukankah seharusnya desain memiliki banyak warna yang berbeda?

Jawabannya, iya dan tidak. Sekarang, kita semua akrab dengan warna yang kita gunakan untuk mengisi ruang-ruang kita mempengaruhi kita secara psikologis.

Sementara warna-warna cerah seperti oranye dapat memberikan ledakan energi yang dibutuhkan.

Nada hijau lumut membuat kita merasa lebih membumi. Menempel pada satu palet warna akan membantu menciptakan lingkungan yang menenangkan.

Penelitian oleh Universitas Texas menemukan, situs dengan palet latar belakang monokrom paling mudah dibaca orang lain.

Temuan ini didasari pada fakta bahwa dengan monokrom, otak memiliki waktu yang lebih cepat untuk memproses dan karena itu dapat lebih berkonsentrasi pada konten.

Anda dapat mengambil prinsip yang sama dengan menggunakan palet warna tunggal untuk menampilkan fitur terbaik ruang Anda.

Karena desain monokrom memiliki efek santai, maka sering digunakan dalam ruangan yang diperlukan dorongan ekstra menenangkan.

Kamar tidur, tentu saja, pilihan yang sangat baik, begitu pula kantor-kantor rumahan yang sering menimbulkan stres.

Ruangan monokrom

Namun, Anda tidak perlu takut untuk berksperimen dengan monokrom di kamar mandi Anda untuk menciptakan nuansa seperti spa.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan monokrom dalam ruang bermain anak-anak untuk membantu menyimpan semua energi.

Menciptakan suasana monokrom

Kata-kata “desain monokroma” mungkin masih terasa mengkhawatirkan bagi Anda.

Mungkin Anda membayangkan sebuah ruangan di mana sofa menyatu dengan dinding dan setiap elemen ruangan adalah warna yang sama persis.

Perlu Anda ketahui, desain interior monokrom menawarkan banyak lebih dari sekedar warna tunggal.

Karena nuansa dalam interior Anda akan cenderung untuk berbaur bersama-sama, tekstur dan pola yang paling mudah dan seringnya juga salah satu yang termurah.

Segala upaya ini tidak lain untuk menambah daya tarik visual.

Monokrom adalah kesempatan bagi Anda untuk menerapkan keterampilan mencampur dan mencocokkan pola, tekstur, dan nuansa.

Ketika Anda memilih elemen desain yang sesuai kamar Anda, pastikan bahwa nada atau warna dasar seperti kuning, hijau, merah muda atau biru yang menonjol saat terkena cahaya, tetap cocok.

Dua elemen desain dengan warna dasar terpisah tidak akan terlihat tepat ketika ditempatkan bersisian. Namun, nada yang sama bisa cocok, bahkan ketika pola atau tekstur mereka sangat bervariasi.

Ini juga terbaik untuk memikirkan palet warna pemersatu sebagai dasar ruang daripada seluruh gambar.

Anggap saja sebagai kue; warna yang Anda pilih untuk diikuti bukan berarti seluruh pie, tetapi hanya untuk mengisi pie tersebut.

Tapi, tentu tidak ada pie yang lengkap tanpa kerak. Dalam kasus ini, “kerak” tersebut adalah nuansa netral dan aksen pelengkap.

Fokus pada pelengkap warna utama Anda dengan berbagai warna netral, kemunculan hitam dan putih memberikan mata waktu untuk beristirahat dari intensitas naungan utama.

Jika Anda bersemangat dengan nuansa netral, bahan-bahan alami dapat bekerja dalam banyak cara yang sama.

Gunakan furnitur kayu untuk memecah kamar tidur Anda atau satu set kursi logam untuk membuat ruang makan menonjol.

Apa pun kelompok palet yang Anda pilih,

–– ADVERTISEMENT ––

properti.kompas.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me