Arsitek Didorong Hasilkan Karya Terbaik

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) menyelenggarakan IAI Jakarta Awards 2017 untuk menjaring, mengapresiasi, dan pada akhirnya memasyarakatkan karya-karya arsitektur terbaik. Program yang baru pertama kali diselenggarakan ini untuk menjaring bangunan dan karya arsitektur yang mengacu pada prinsip dasar, kualitas, dan pilar-pilar kompentensi IAI untuk mendorong terwujudnya arsitektur Indonesia yang lebih berkualitas.

IAI Awards

“Selama ini karya-karya arsitekktur terbaik hanya menjadi selebrasi internal di kalangan sesama arsitek. Pencapaian yang baik dalam bentuk karya dan berdampak luas seharusnya juga bisa menjangkau kalangan awam. Dengan ajang ini kita berharap setiap karya bisa menjadi duta kampanye-kampanye keprofesian arsitek,” ujar Stevanus J. Manahampi, Ketua IAI Jakarta, saat membuka ajang ini akhir pekan lalu di Jakarta.

IAI Jakarta Awards 2017 menangambil tema “merayakan arsitektur yang humanis, resillient, dan berkontribusi” dan direncanakan ajang ini akan bisa terselenggara secara rutin tahunan. Ada 5 kategori yang dilombakan yaitu hunian, bangunan komersial/usaha, bangunan publik/sosial budaya, intervensi kota, dan bangunan konservasi.

Untuk membuka ikatan dengan kalangan masyarakat umum maupun awam, ajang ini juga membuka kesempatan bagi karya-karya yang dinominasikan melalui pengajuan pihak lain. Ada juga apresiasi yang akan diberikan kepada 30 arsitek muda berusia di bawah 30 tahun untuk pencapaian karyanya yang dinilai layak. Hal ini untuk memberikan dorongan kepada arsitek muda untuk bersemangat menghasilkan karya yang inovatif.

“Pengumpulan karya akan ditutup hingga 3 Maret 2017 dan masuk ke proses penjurian mulai 4-10 Maret kemudian langsung diumumkan nominatornya. Pemernang dari setiap kategori akan diumumkan pada 18 Maret. Ini kita lakukan agar karya maupun keprofesian arsitek tidak menjadi akhir dari sebuah pencapaiann tapi menjadi awal jalinnan baru antara arsitek dengan masyarakat,” imbuhnya.

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me